Senin, 03 November 2014

Cleopatra



Judul: Cleopatra
Penulis: Bernard Shaw
No ISBN: 978-979-22-3998-0
Tahun Terbit: Agustus 2008 (Cetakan Pertama)
Rating :  ☆☆☆
Sinopsis:

CLEOPATRA, nama ratu mesir kuno ini, demikian melegenda. Ia terkenal dalam sejarah dunia sebagai wanita yang cantik dan ambisius. Dengan kecantikannya, ia pikat dan taklukkan semua lelaki untuk tunduk, mengabdi, dan menuruti ambisi kekuasaannya.

Julius Caesar, penguasa Roma yang gagah perkasa, adalah salah satu 'korban' kecantikan Cleaopatra. Dia rela meninggalkan takhta demi Cleopatra, demikian juga Mark Anthony, pahlawan perang dan pengawal pribadi Caesar, dia bagai kerbau yang dicocok hidungnya, mau menuruti apapun keinginan wanita yang dipujanya. walau untuk itu ia harus membernturkan dirinya pada 'tembok' yang kokoh dan tak mungkin dia lawan.

Sebuah legenda tidak hanya berhenti pada cerita, tapi bisa memberi pelajaran kebajikan, sekaligus bahan perenungan. Dengan membaca novel ini, Anda punya kesempatan untuk merenungkan hakikat kekuasaan dan bagaimana pengaruh seorang wanita terhadap sang penguasa.

*
*
*
*

Buku ini sudah lama aku punya, kira-kira aku beli saat kelas 2 SMP dan sampai sekarang tidak mengerti kenapa untuk ukuran anak kelas 2 SMP mampu menamatkan novel ini berulang kali. Mungkin aku bertahan karena muatannya tentang sejarah (yeah, I'm freak about history) serta nama Cleopatra yang tertera. Kalau dihitung usianya, sekarang mungkin sudah lima tahunan :D

Ketemu buku ini saat bersih-bersih rumah dan menemukan 'harta karun' sebuah kardus yang berisi buku lamaku. Dan karena penasaran, aku baca ulang lagi meskipun harus menyiapkan diri untuk kebingungan pada saat bab-bab awal XD



Biarkan wanita berbicara, kamu akan belajar sesuatu darinya. Kamu harus melihat matanya saat berbicata, niscaya kamu akan tersanjung dan melayang — Julius Caesar (hlm. ix)

Saat seaching di internet, judul asli novel ini ternyata bukan 'Cleopatra' saja namun 'Caesar and Cleopatra'. Dan yang lebih buat shock lagi, novel ini ditulis tahun 1898 sebagai screenplays (drama) dan dicetak pada tahun 1901. Rasanya pengen teriak "JADI AKU BACA CERITA YANG SUDAH BERUSIA DUA ABAD NIH?!?!" Σ(゚口゚;) #lebe #capsjebol


Bagiku, Cleopatra adalah femme fatale paling pertama dimuka bumi ini. Mungkin femme fatale lainnya beracuan dari Cleopatra yang terlihat polos, manja dan mudah mencintai, namun menyusun strategi untuk membuat semua orang tunduk kepadanya. Cleopatra itu cerdas dan menggunakan daya pikatnya sebagai senjata untuk menahlukkan siapapun yang diinginkannya.


Mungkin hal yang membuatku ingin bilang "Euuh..." adalah fakta bahwa pernikahan saudara di Mesir kuno itu dilegalkan. Ada satu bab dibahas dimana Cleopatra menikahi adiknya sendiri yang baru berusia 10 tahun (what?! 10 tahun dengan 19 tahun?! Are you insane?!) karena tradisi dan aku setuju dengan reaksi Caesar yang shock banget saat tahu fakta ini.


Cleopatra mengajarkan kita untuk tidak menjadi lemah hanya karena pemikiran lelaki yang menganggap kita lemah. Kita boleh terlihat lemah, tapi kita bisa memanfaatkan stigma itu untuk keuntungan kita yang pada akhirnya kita bisa sekuat lelaki atau bahkan lebih kuat dari lelaki.


Untuk terjemahan sendiri, tidak ada typo meskipun dari sisi terjemahannya agak terlalu ... hm gimana ya jelasinnya, agak terlalu kaku. Foot note beberapa halaman yang bisa memakan tempat sampai seperempat halaman yang cukup menganggu. Mungkin karena penerbit ingin tetap mempertahankan orisinalitas naskah dan juga menciptakan pemahaman pembaca tentang apa yang dibahas tanpa harus bolak-balik ke belakang (jika ditaruh penjelasannya dibelakang halaman).


Overall, novel ini masih tetap menjadi salah favoritku meskipun sudah lama mencari-cari buku ini yang ternyata nyelip di kotak 'harta karun'. Empat bintang dari lima bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku