Sabtu, 28 Maret 2015

Jawara Ujian IPA SMP Kelas 7,8,9


Jawara Ujian IPA SMP Kelas 7,8,9
Judul: Jawara Ujian IPA  Kelas 7,8,9
Penulis: Wijaya Kurnia Santoso & Akbar Aji Seno
No ISBN: 979-083-097-1
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: 476 halaman
Rating: ☆☆☆ 
Jenis: paperback
Penerbit: Tangga Pustaka
Sinopsis:
Jawara Ujian IPA SMP berisi ringkasan materi FISIKA & BIOLOGI (2 in 1) mulai dari kelas 7, 8, dan 9. Materi ditulis ringkas, padat, dan menyeluruh agar lebih mudah dipahami. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan, serta latihan soal mandiri sebagai ajang uji coba.


Buku ini sengaja dibuat dengan ukuran mini yang praktis dan mudah dibawa kemana saja dan bisa dibaca kapan pun. Buku ini cocok sebagai bekal untuk menghadapi:
  • Ulangan harian
  • Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
  • Ujian nasional (UN)


Buntelan dari Tangga Pustaka yang aku menangkan di grup BBI. Karena adikku sebentar lagi menghadapi UN dan gak ada salahnya aku mereview lagi pelajaran jaman SMP, so here we go.

Saat buku ini tiba pertama kali di rumah, aku aja sampai gak mengenali paket buku ini, Aku pikir paket ini isinya bahan=bahan kerajinan yang aku pesan waktu itu (yang ukuran paketnya gak jauh beda dengan paketan ini). Dan untuk pemaketan, sunggu sangat rapi dan aku suka itu. Maaf gak di foto, soalnya terlalu semangat buka paket dan saat sudah kebuka baru ingat harusnya di foto dulu :"")) #kebiasaan

Ukuran bukunya ternyata kecil dan sebenarnya, aku tidak begitu suka buku ukuran kecil kalau menyangkut buku pelajaran. Mungkin ini soal selera masing-masing orang, tapi aku karena kebiasaan kalo buku eksak harus ukuran besar biar semangat dibaca. Dan karena ukurannya kecil, jadilah halamannya tebal ... yang membuatku serta adikku malas menjamah buku sampai hampir satu minggu.

Seminggu kemudian, karena gak ada kerjaan di rumah, jadilah buku ini dibaca-baca yang sekalian juga mengisi soal-soalnya biar otak gak lambat mikir akibat kelamaan libur dari kampus. Dan begitu buka halaman pertama, langsung disambut warnan hijau yang notabene warna kesukaanku. Jadi semangat buat dibaca, hahaha :D maafkan pencinta warna ijo ini

Untuk kualitas kertas, cukup lumayan bagus karena bukan pakai kertas buram, tapi bukan pula pakai bookpaper seperti novel-novel ataupun beberapa buku penunjang pelajaran yang sejenisyang disayangkan karena mengecek harga buku ini yang lumayan 'mahal'. Karena menurutku, kualitas kertas mempengaruhi psikologis seseorang buat belajar. Kan kebanyakan sekolah-sekolah kalau ulangan ataupun UAS selalu pakai kertas burem, makanya kalau ketemu buku yang pakai kertas buram bawaanya malas. Maaf OOT, tapi ini menurut hasil diskusi bareng teman yang kuliah psikologi.

Di setiap bab, ada penjelasan singkat beserta contoh soal sebelum kita mengerjakan soal khusus bab itu yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Ini cukup membantu bagi siswa yang sekedar ingin mereview pelajaran yang mereka pelajari. Selain itu, sebelum berpindah ke bab selanjutnya, ada penyegaran dengan Drop Your Mind. Malahan sebelum mempelajari seluruh isi buku ini, aku malah baca semua Drop Your Mind duluan, hehehe.

Buku ini terbagi dua pelajaran, yaitu Biologi dan Fisika. Tapi di sini pertanyaanya, di mana Kimia? Dia kan juga bagian dari IPA dan pelajaran Kimia waktu SMP lumayan sulit lho :")) korban remedi pelajaran Kimia sepanjang sekolah SMP & SMA


Setiap buku memanglah tidak sempurna, begitupun dengan buku ini. Terlepas dari ukuran buku yang diluar ekspetasi dan Kimia yang ketinggalan, ada hal yang menurutku sangat fatal. Ada dua hal utama yang menurutku buku ini harus diperbaiki jika dicetak ulang, yaitu:
1. Typo
Serius, buku ini lumayan banyak typo. Dan karena aku keasikan membaca serta awalnya mengabaikan saja typo ini, jadilah aku hanya mencatat dua saja, karena menurutku ini yang paling krusial.

Di halaman 23 di bagian gambar rantai makanan, Ular yang seharusnya menjadi konsumen tingkat 3 di situ tertulis konsumen tingkat 2.

Serta halaman 246 tentang Neraca. 100 kg itu harusnya 100 gr karena kalo mengacu dengan hasil yang ada di halaman itu, tidak mungkin 100kg + 15 gr + 0,5 gr = 115,5 gr. Aku saja sampai ganti kacamata santai dengan kacamata khusus belajar saking mengira salah lihat dan ternyata itu bukan salah lihat :"))

2. Soal-soal & Kunci jawaban
Sebenarnya ada lumayan banyak, tapi aku ambil beberapa contoh soal yang paling mengganggu logikaku.

Halaman 41, soal nomor 2. Gambarnya yang hitam putih membuatku terkecoh dan menganggap itu adalah lava yang dikeluarkan oleh gunung merapi. Jangan salahkan aku yang miscom pada gambar itu, karena kenyataanya aku mengambil mata kuliah Geologi Dasar yang dimana kalo gambar lava dibuat hitam putih persis seperti gambar halaman itu -_-

Contohnya halaman 55 di mana pertanyaanya bagaimana cara pelestarian yang bisa dilakukan pada burung kakatua cempaka dan semua jawabannya tidak ada yang masuk akal. Dan parahnya kunci jawabannya adalah C yang berbunyi "Menangkap burung kakatua dan memeliharanya di rumah". Berarti soal ini mengajarkan generasi muda untuk membuat populasi hewan langka semakin berkurang serta menghalalkan perburuan liar untuk dipelihara dong? :O

Dan juga soal halaman 173 yang memperlihatkan gambar tanaman hydrilia di sebuah gelas ukur yang ada corong serta tabung reaksinya. Di soal itu diminta menjelaskan fotosintesis tamanan itu menghasilkan apa dan kunci jawabannya adalah gelembung udara, yang di mana di gambar itu tidak ada gelembung samasekali ataupun uap yang tercipta di tabung reaksinya. Oh iya, sudahkah aku menyebutkan kalau soal ini tercetak dua kalitepatnya di bab sebelumnya dan hanya mengacak jawabannya?

Oh iya, seharunya kunci jawabannya di pisahkan ke satu halaman khusus karena kunci jawaban di sebelah soal yang ada di buku ini membuat tidak efektif untuk berfikir karena bisa melihat kunci jawabannya meskipun dibuat terbalik.

Selain itu, jika buku ini nantinya mau cetak ulang, sebaiknya pada bab pencemaran lingkungan ditambahkan Pencemaran Suara. Karena pencemarah itu ada empat dan bukan tiga seperti yang buku ini jelaskan. Maafkan aku bawel soal bab ini, karena pada dasarnya aku pencinta lingkungan dan waktu SMA sering ikutan seminar tentang lingkungan.

Direkomendasikan untuk adik-adik yang ingin mereview pelajaran di sekolah. Tapi karena buku ini hanya sebagai buku pelengkap, alangkah baiknya belajarnya sambil baca buku sekolah kalian ya. Karena belajar itu gak bisa hanya satu buku, apalagi kalo eksakta macam IPA dan MATEMATIKA.

2 komentar:

  1. hoo jamanku waktu SMP dengan kurikulum KBK dulu nggak ada kimia. soalnya udah digabung dengan fisika. jadi SMP jaman sekarang kimianya berdiri sendiri yah. ya ampun tambah pusing aja anak sekolah saat ini .___.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas jamanku sudah ada kimia (bahkan ada jam terpisah biologi, fisika dan kimia meskipun pas ujian. Tetap namanya IPA). Mana pelajaran jaman sekarang makin mumet dilihat :")) >> cekak pas belajar buku adiknya

      Hapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku