Sabtu, 02 Januari 2016

Curhat Admin

Judul: Curhat Admin
Pengarang: @KoreaUpdates & @all_Kdramamovie
No ISBN: 
97860277742383
Jumlah Halaman: 186 halaman
Tahun Terbit: 1 Agustus 2014
Rating: 
☆☆

Jenis: Paperback
Penerbit: Haru

Sinopsis:
Minta no. HP-nya Kim Hyung Joon dong, Min!
Min, alamat rumahnya T.O.P, dong! Urgent nih!!!
Min, emang Hyun Bin pergi wamil jam berapa?

Pernah dapat mention seperti itu?
Admin pernah, dong. Sering banget, malah. Disangkanya Admin pusat informasi kependudukan Korea, kali ya?

Banyak yang mikir kalau jadi admin fanbase per-Korea-an itu gampang, menyenangkan, dan selalu dapet tiket konser gratis.

Eits, jangan salah.

Dunia admin (terutama per-Korea-an) nggak semuanya berisi pelangi dan unicorn.

Nggak percaya? Fine! Baca aja buku ini! *lho*

Inilah kisah keseharian kami, para admin @KoreanUpdates dan @all_Kdramamovie yang setiap hari berjuang menebarkan virus K-Pop, K-Drama, dan K-Movie di antara curcol para followers.

Kini, giliran kami menumpahkan isi hati!

Sebenarnya judul buku ini sudah menceritakan segalanya, tapi tetap saja rasanya penasaran untuk dibaca. Punya buku ini dari tahun lalu tapi baru dibaca pas tahun baru, biasa reading slump menyerang, ahahaha.

Buku ini memang lebih kepada curhatan, tepatnya curhatan admin yang mengelola akun media sosial yang membagikan info tentang hal berbau Korea. Sebagai salah satu orang yang juga terserang wabah hallyu, aku mengerti banget apa yang dirasakan para admin di sini. Senang, sedih, gemas dan perasaan lainnya aku mengerti banget.

Dan karena buku ini lebih kayak berbagi kisah seputar dunia fangirlingan (dan fanboyingan) K-pop, jadi aku tidak bisa begitu banyak mencatut quote untuk buku ini. Tapi bagi kalian yang sering banget mention akun yang berbagi informasi K-pop, coba deh baca buku ini. Buat instropeksi diri, siapa tahu kalian ternyata salah satu tipe followers yang nyebelin yang bikin admin sebel, ahahaha.

Ada bab yang ingin aku sorot di buku ini, yang tentang Fans War (perang antara fans). Kalau yang fans K-pop pasti sudah paham apa ini dan begitu dengar kata ini, pasti mereka langsung merujuk ek suatu fandom (nama fans suatu grup). Jujur saja, aku setuju dengan buku ini kalau Fans War itu bisa menjatuhkan citra idola yang mereka dukung. Untung aja aku mainan di fandom yang tenang, aman sentosa dan kalau berani mau Fans War, dimarahi duluan sama sesepuh fandom :"D

Satu bab lagi yang ingin aku sorot adalah tentang buku ini yang seolah 'mengamini' sikap para fans yang berburu barang-barang bajakan. Gimana ya ... kalau dia memang benar-benar ngaku 'fans garis keras' (aku mah apa, cuma fans biasa), harusnya mereka beli yang official dong. Karena hidup para 'oppa' mereka itu bergantung seberapa banyak fans membeli barang official dan kalau 'fans (ngakunya) garis keras' ini beli bajakan, apa pantas menyebut diri sendiri fans setia? Iya harga barang official itu mahal, tapi bukan berarti kamu gak bisa nabung bukan?

Aku sendiri bisa ngomong begini karena aku juga pernah melewati tahap 'ngaku fans garis keras' padahal beli barang bajakan. Dan saat aku dengar cerita gimana kerasnya hidup para idol di Korea sana, aku merasa bersalah beli barang bajakan. Sekarang aku berusaha membeli barang-barang official yang menyangkut idolaku, karena aku ingin menolong mereka. Karena inilah bentuk cintaku pada mereka. Lagipula pernah mikir gak sih kalian orang-orang yang beli bajakan ini, kalau kalian beli bajakan itu uangnya lari kemana?

Ke idola kalian?

Enggak! Asal kalian tahu saja, semua uangnya itu lari ke para pembajak dan idola kalian gak dapat apapun. Oh kepuleran. Tapi mereka populer makanya kalian tahu kan? Intinya, tolong berhentilah membeli barang bajakan jika kalian benar-benar 'cinta' sama idola kalian. Dan itu berlaku juga untuk drama dan lain-lainnya.

Untuk ilustrasinya sendiri, aku suka. Tapi aku agak terganggu pada halaman 121 dimana TTS (bukan sub-unit Girl Generation, okay) menutupi pertanyaan yang sebagai clue untuk mengisi TTS. Agak kecewa sih, soalnya aku menikmati baca buku ini sambil sesekali main TTS atau cari kata. Semoga kalau cetak ulang, ini dikoreksi ya.

Pada akhirnya, aku memberikan tiga bintang pada buku ini untuk ilustrasi lucu dan pandangan terhadap Fans War.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku