Selasa, 12 Januari 2016

The Story of Those around Me

Judul: The Story of Those around Me
Penulis: Omyo
Genre: Drama, Romance & Friendship
Terbit: 2012
Jumlah Chapter: 60 (complete)
Dapat di Baca: Webtoon
Bahasa: English
Rating: ☆☆☆☆☆
Sinopsis:

Summer is happily in love; Mira is a beautiful and successful woman but doesn’t have a boyfriend; Jung-A lives with her boyfriend for 5 years. These 25-year-old girls are very close and believe in that they can keep thier friendship and love forever. However, everything changed after Mira’s blind date.

Jadi, mari aku terjemahkan secara bebas sinopsisnya sebelum kita membahas webtoon ini.
Summer adalah yang memiliki cinta bahagia; Mira adalah perempuan cantik dan sukses namun tidak memiliki pacar; Jung-A hidup bersama pacarnya selama 5 tahun. Perempuan 25 tahun ini sangat dekat dan percaya bahwa mereka bisa menjaga persahabatan mereka dan cinta selamanya. Namun, semuanya berubah setelah kencan buta Mira.
Sinopsisnya sebenarnya sudah menceritakan segalanya, tapi aku jujur saja agak sedih saat webtoon ini tamat dengan agak menggantung. Intinya, selama 60 chapter, kita bakalan melihat kisah Summer, Mira dan Jung-A dengan masalahnya masing-masing. Oh iya, cover yang aku gunakan untuk menuliskan keterangan buku ini adalah cover buku yang terbit di Korea. Berharap ada penerbit Indonesia yang menterjemahkan webtoon ini.

Sebelum lanjut membaca postingan ini, ada baiknya aku memperingatkan bahwa postingan ini sarang spoiler. Jangan protes ya, aku sudah memperingatkan. Dan maaf tidak menggunakan bahasa Inggris untuk mereview webtoon ini, aku merasa bahasa Inggrisku masih cetek.


Dari kiri ke kanan:
Summer, Jung-A & Mira

Han Summer, 25 tahun yang memiliki pacar yang pengertian dan mencintainya sepennuh hati. Tidak memiliki pekerjaan tetap seperti kedua sahabatnya dan hanya bekerja part time yang membuat ibunya kesal. Summer ini bisa dibilang perempuan bebas dan tidak begitu suka terikat dengan suatu pekerjaan yang membosankan. sosok yang ceria dan membuat suasana disekitarnya menjadi menyenangkan.

Lee Jung-A, 25 tahun yang tinggal bersama pacarnya selama 5 tahun dan pacarnya ini pengangguran. Pekerjaanya sebagai editor desain. Kepribadiannya yang tenang dan paling kalem diantara kedua teman-temannya.

Jang Mira, 25 tahun yang satu-satunya single diantara ketiga temannya. Pekerjaanya sebagai akuntan di salah satu perusahaan besar dan semua orang mengira Mira mudah mencari pacar karena penampilannya yang cantik serta menarik itu.

Webtoon ini mengisahkan kejadian mereka sehari-hari. Mulai dari Summer yang diterima kerja sebagai di salah satu cafe sebagai pegawai paruh waktu, Mira yang ikut kencan buta dan malah berakhir dengan tertarik dengan lelaki yang jauh lebih muda darinya dan hubungan Jung-A dengan pacarnya yang sepertinya jalan ditempat.

Tentu saja sebuah cerita harus ada konflik dan tiga tokoh utama ini tentu saja mengalaminya, yang menurutku sangat realistis. Seolah mereka bertiga mencoba memberitahu para pembaca bahwa kisah mereka juga pasti dialami oleh beberapa pembaca dan bagaimana mereka menghadapinya.

Contohnya saja, Summer yang mulai bosan dalam hubungannya bersama pacarnya dan malah tertarik dengan rekan kerjanya di cafe. Mira yang sering bertengkar dengan pacarnya dan bersikap kekanakan karena takut kehilangan lelaki itu. Jung-A yang merasa digantungkan oleh pacarnya karena mantan pacar lelaki yang dicintainya itu kembali dari luar negeri dan Jung-A tahu kalau lelaki itu masih mencintai mantan pacarnya itu.

Untuk akhir kisahnya sendiri, lebih baik kalian membacanya sendiri. Aku tidak bisa bilang semuanya happy ending ataupun bitter ending. Karena ini mengisahkan tiga orang, jadi akhir bagi mereka bertiga berbeda-beda dan menurutku lebih baik jika kalian membacanya sendiri.

Art webtoon ini sendiri menurutku keren banget dan aku officially fans kreatornya. Penasaran apakah dia juga menerbitkan webtoon lain selain ini dan Salty Studio (yang mungkin minggu depan aku postingkan kalau tidak sibuk belajar untuk UAS).

2 komentar:

  1. jadi Mira nggak jadi single ya? itu kan dikisahkan sering bertengkar dengan pacarnya? hehe suka dengan tema komik slice of life macam ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak. Yang single justru Jung-A (ups spoiler, hahaha)

      Hapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku