Kamis, 15 September 2016

[Blogtour] Mr O vs Miss B : Promise + Giveaway

Judul: Mr. B vs Miss AB: Reality
Penulis: Byanca Sastra
No ISBN: 9786023755219
Tahun Terbit: Juni 2016
Jumlah Halaman: 258 halaman
Rating: ☆☆☆ 
Jenis: paperback
Penerbit: Grasindo
Sinopsis:
Alex Choi
Kukira hidupku hanya akan berakhir dengan kesedihan setelah Mary meninggalkanku di hari pernikahan kami. Namun, siapa sangka bahwa keputusanku untuk meninggalkan New York musim gugur ini justru membawaku kembali pada Gong Min-Ji?

Gadis easy-going, unik, dan pemarah ini membuat hari-hariku menjadi lebih berwarna. Ia merupakan perpaduan antara tawa dan bahagia yang bukan hanya berarti seorang sahabat, namun juga gadis yang berhasil membawa cinta baru untukku. Karena itulah aku berjanji untuk selalu berada di sisinya dan melindungi gadis itu dari siapa pun yang akan memisahkan kami berdua.




Gong Min-Ji

Aku tidak pernah menyangka bahwa Alex Choi akan kembali hadir dalam kehidupanku. Laki-laki yang dulu sering menggangguku semasa sekolah ini memang sudah menjadi idola semua orang dengan rambut pirang, mata biru, dan aksen Amerika-nya yang kental.



Kini, ketika kami telah memiliki kehidupan masing-masing dan ia telah berubah, justru aku merasa begitu tertarik padanya. Lelucon dan pesonanya sungguh berhasil membuatku takluk. Tapi, apakah ia tahu bahwa kebahagiaan yang datang bersamanya, juga diiringi dengan bahaya yang mengejarku?




Review


Alex Choi, seorang arsitek yang memutuskan untuk kembali ke Korea setelah pernikahannya batal—tepatnya ia ditinggalkan di altar pernikahan oleh tunangannya yang lebih memilih sahabatnya sendiri—sekaligus untuk membantu kakaknya, Choi Ji-Hoon mengurus perusahaan peninggalan ayah mereka. Meskipun ia bersedih, tetapi golongan darah O yang pintar menyembunyikan hatinya. 

Gong Min-Ji, seorang penulis artikel di majalah Home Sweet Home yang seringnya menulis tentang cat, pipa, genteng dan semacamnya. Ia bergolongan darah B dan menyadari jika ia keras kepala, tidak bisa menyembunyikan perasaanya dan pantang menyerah. Salah satunya, ia tetap menyatakan cinta pada Hyun-Jung sebanyak 3 kali meskipun selalu ditolak yang membuatnya selalu patah hati dan banjir air mata. Jika sudah begini, Yu-Ri, sahabatnya yang akan turun tangan untuk menyemangati Min-Ji.


“Memangnya apa yang lebih sakit dari dicampakkan?”
“Ditinggal pergi di altar pernikahan!
(hlm. 13)


Selain Yu-Ri, teman dekat Min-Ji adalah Dong-Jun yang merupakan teman sekantornya. Dia juga mengetahui sepak terjang kisah percintaan Min-Ji yang selalu berakhir tragis.

Suatu hari, atasannya memberikan pekerjaan yang berbeda bagi Min-Ji. Jika biasanya ia menuliskan artikel tentang cat dan semacamnya, maka kali ini ia mewawancarai seorang arsitek terkenal. Meskipun senang diberikan kesempatan ini oleh atasannya, ia merasa tidak enak dengan He-Yi karena Min-Ji tahu jika perempuan itu tidak menyukainya. Apalagi biasanya mewawancari seseorang itu adalah tugas He-Yi dan Min-Ji berharap jika tugasnya mewawancarai ini tidak akan menambah kebencian He-Yi kepadanya.


“Karena kita sudah lama tidak bertemu dan rasanya lebih nyaman berbicara dengan seseorang yang pernah aku kenal.”
(hlm. 42)


Ternyata yang diwawancara oleh Min-Ji adalah Alexander Choi, lelaki yang pernah ia kenal di masa lalu. Tadinya ia berharap bukan Alexander yang dikenalnya, tetapi pertemuan mereka di cafe Day's End Bar & Restaurant mematahkan harapan Min-Ji. Setelah diwarnai sedikit konflik reuni mereka berdua, mereka malah mulai dekat dan memutuskan untuk bersahabat. Berbagi rahasia-rahasia mereka berdua sembari mencoba menyembuhkan luka satu sama lainnya.


Kehidupan itu seperti jalan berbatu, menanjak, curam dan berkelok-kelok yang kau lewati. Terkadang, ada hal yang tidak terduga yang menghadang. Kau sendirian, tidak ada yang lain bisa menolongmu. Hanya dirimu sendiri yang akhirnya bisa kau percaya. Jadi, jika kau merasa sedih dan kesepian, pejamkan saja matamu. Kau tidak akan merasa gelap dan takut jika memejamkan mata. Karena pada akhirnya, jika kau terus bertahan, matahari akan terbit kembali dan semuanya akan baik-baik saja. I promise you. Waktu adalah teman terbaik.”
(hlm 56)


Tapi apakah persahabatan antara dan laki-laki akan bertahan selamanya? Apalagi Min-Ji dan Alex sama-sama terluka dan merasa nyaman satu sama lain. Lalu, bagaimana dengan teror yang dihadapi oleh Min-Ji semenjak bertemu dengan Alex?


Tidak akan pernah ada persahabatan yang murni di antara lelaki dan perempuan. Salah satu di antaranya pasti akan memiliki perasaan yang lebih.
(hlm. 94)




My Opinion


Ini adalah buku ketiga yang aku baca dari karya Byanca Sastra. Sebelumnya aku sudah membaca Mr B vs Miss AB : Reality dan juga Secret of the Heart. Yang bisa aku bilang adalah Promise ini masih satu universe dengan Reality karena ada Ji-Hoon muncul kembali di novel ini. 

Untuk konflik dan gaya penulisan sendiri, aku bisa bilang kalau novel ini yang paling menarik untukku serta memperlihatkan perkembangan kepenulisan Byanca dari awal aku membaca novelnya sampai sekarang. Jujur saja banyak scene romantis di dalam buku ini yang membuatku tersenyum tanpa sadar. Selain itu, unsur misterinya menurutku oke meskipun pada saat pengungkapan siapa pelakunya, agak kurang srek. Tapi tidak mengurangi minat untuk menuntaskannya sampai selesai.

Dan akhirnya aku mengerti kenapa semua fix setuju kalau Alex adalah boyfriend material banget, lol.

Sayangnya bagiku, pekerjaan Alex sebagai arsitek kurang dieksplor. Tentang pencapaian apa saja yang telah diraih Alex sehingga bisa membuatnya diwawancara oleh majalah Home Sweet Home.

Oh iya, aku baru menyadari jika Day's End Bar & Restaurant itu merupakan tempat yang ada di novel Mr AB vs Miss AB : Limerence. Tapi tidak heran sih, karena buku ini sendiri masuk ke dalam seri Blood Type Series.

Mungkin untuk kalian yang tertarik untuk mengetahui pemikiran lelaki golongan darah O maupun perempuan golongan darah B, kalian bisa membaca buku ini.



 Giveaway 


Kalian ingin memiliki buku ini? Penulisnya berbaik hati memberikan 1 ekslempar buku untuk diberikan kepada kalian loh. 


Tentu saja ada persayaratan untuk mendapatkannya dan tenang saja, gampang kok. Simak ya di bawah ini:
1. Punya alamat kirim di Indonesia
2. Follow twitter @ByancaSastra dan juga @OhGirlDay. 
3. Follow IG @byancasastra dan @geeky18 (tidak wajib dilakukan).
4. Mengikuti blog ini menggunakan GFC ataupun Bloglovin.
5. Share link postingan ini di twitter dengan hastag #OvsBPromise dengan mentag @ByancaSastra dan juga @OhGirlDay.
6. Menjawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan mencantumkan nama, alamat email, domisili, nama akun twitter, nama akun IG dan link share postingan ini

Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

7. Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 21 September 2016 pukul 23.59 WITA.
8. Penilaian berdasarkan jawaban terbaik, jadi isilah sebaik mungkin.
9. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 22 September 2016 dan dihubungi melalui twitter maupun email. Jika dalam waktu 2x24 jam tidak ada respon, maka aku akan memilih pemenang lain. 

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mention di twitter @OhGirlDay. Semoga beruntung untuk berkenalan dengan Min-Ji dan jatuh cinta kepada pesona Alex.



24 komentar:

  1. Nama: Rohaenah
    Email: rohainalilis@gmail.com
    Domisili: Jakarta
    Twitter: @rohaenah1
    IG: ilisrohaenah
    Link share: https://mobile.twitter.com/rohaenah1
    Jawaban: tidak percaya. Kecocokan berhubungan tidak bisa didasarkan goldarnya,tapi tergantung sifat dan kepribadian masing2. Hubungan yg terjalin harus dilandasi kepercayaan dan keterbukaan diantara keduanya agar komunikasi berjalan lancar. Kalaupun ada perbedaan dan masalah itu adalah sebuah proses untuk menguji cocok atau tidaknya hubungan tersebut. Disinilah pentingnya kejujuran dan introspeksi diantara pasangan untuk mewujudkan sebuah hubungan yg sehat dan stabil.
    Demikian menurut saya,terimakasih.

    BalasHapus
  2. nama: Dian Haerani
    email: dhaerani781@gmail.com
    domisili: Bandung
    twitter: @saimamzahra
    link share: https://twitter.com/dhaerani781/status/776398702357327872

    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

    jawaban: Nggak percaya. Menurutku kecocokan berhubungan itu lebih berdasarkan pada rasa nyaman, bukan dari golongan darah. Menurutku percaya sifat, karakter, kecocokan dll berdasarkan goldar itu cuma mitos. Kalaupun cocok, pasti cuma kebetulan semata. Kalau kita udah nyaman dengan seseorang ya artinya kita udah cocok sama dia.

    BalasHapus
  3. Nama : Pida Alandrian
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Domisili : Aceh
    Twitter : @PidaAlandrian92
    IG : pidaalandrian
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/776413987156013057

    Jawaban :
    Sebenarnya sihh nggak percaya. Dari sisi darah mananya coba.
    Sedangkan setiap darah yang mengalir di tubuh kita aja walaupun goldar-nya sama pasti ada yg beda, misal darahnya berpenyakit, kotor (eh?) *abaikan yg ini.
    Nggak lahh. untuk menjalankan suatu hubungan aja diperlukan kepercayaan yg tinggi, nggak cemburuan nggak jelas, nggak curigaan cepat.
    Kalau misalnya goldar itu menentukan kecocokan dalam hubungan seseorang. ada seorang cowok/cewek nihh, cinta banget sama si doi, sangking cintanya dia (kl slama ini rela melakukan apapun utk mendapatkan perhatian si doi), nah kl sekarang cocok cuma krn goldar dia harus rela menukar seluruh darahnya dong supaya kecocokan hubungannya semakin kuat dan meningkat. hahahah.. kl gitu dunia ini penuh dengan penukaran darah krn pengin punya pasangan idaman. kasian yg goldarnya langka.
    Jadi menurutku goldar itu tidak ada hubungannya dengan kecocokan sebuah hubungan.
    Semoga aja di Indonesia nggak ada yg berpikir seperti itu

    Sekian jawabanku.
    Salam,
    Pida Alandrian

    BalasHapus
  4. Nama : Ainny Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAsuna
    Link Share : https://mobile.twitter.com/PrinceesAsuna/status/776460215105429504
    domisili : Makassar

    Jawaban:

    Mengenai kecocokan hubungan berdasarkan golongan darah, aku percaya. Itu jauh sebelum aku membaca review dari karya kak Byanca. Sebelumnya, aku pernah baca buku tentang psikologi terkait dengan karakter dan golongan darah,dan juga penjelasan temanku yang kuliah di kesehatan tentang golongan darah. Menariknya, awalnya aku nggak percaya sama sekali, tapi setelah membaca semua karakter2 berdasarkan golongan darah, aku sama sekali nggak menyangkal kalau itu benar. Dan tentu saja membaca review buku ini semakin membenarkan pengetahuanku tentang karakter berdasarkan golongan darah. Karena aku juga memiliki golongan darah B. Berdasarkan pengalamanku yang pernah dekat dengan cowok yang bergolongan darah O dan B, jawabannnya aku percaya.

    Sekian dari aku kak, smga kali ini menang (ngarep.com) hehe
    sukses selalu dalam berkarya :)

    BalasHapus
  5. Nama :Yohana
    Twitter : @MrsSiallagan
    Domisili : Siantar
    Link share : https://twitter.com/MrsSiallagan/status/776548601627488257
    Jawaban : Saya tidak percaya dengan kecocokan dengan goldar. Kenapa ? karna kecocokan itu timbul dari perasaan dan usaha antara 2 orang yang ingin bertahan dalam suatu hubungan. Goldar itu adalah hal yang lain dari sebuah perasaan. Mungkin goldar itu punya karakter tersendiri tapi bagi saya, saya tidak percaya akan hal itu. Kecocokan itu murni sifat alami manusia. kalaupun dibuat-buat toh, tidak akan bertahan tuh pasangan.

    BalasHapus
  6. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Email: elsitafransiska@gmail.com
    Domisili: Gorontalo
    Akun twitter: @sitasiska95
    Akun IG: @sitasiska95
    Link share postingan ini: https://twitter.com/sitasiska95/status/776614305642848256
    Tidak percaya. Karena pada dasarnya sifat seseorang juga buatku nggak ditentukan oleh golongan darahnya. Sementara dalam sebuah hubungan entah pertemanan atau hubungan cinta yang membuat dua orang cocok adalah sifat mereka yang kebanyakan bertolak belakang namun saling melengkapi. Cocok nggak cocoknya dua orang ditentukan oleh bagaimana sifat dan sikap keduanya dalam berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari yang titik tumpuannya adalah komunikasi bukan pada golongan darah.

    BalasHapus
  7. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    domisili: Serang
    twitter: @nunaalia
    IG: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/776663731941941248

    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

    Menurutku kecocokan dalam berhubungan dengan seseorang itu terjadi dari kesepakatan dua orang yang menjalin hubungan. Jika mereka mau menerima kelebihan dan kekurangan pasangan masing-masing, saling cinta hingga bisa menumbuhkan rasa saling percaya dan pengertian.
    Jika dilihat dari golongan darah mungkin itu hanya sebagian kecil yang cocok, dan mungkin hanya kebetulan saja.
    Jadi apa kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah? Aku sih kurang percaya.

    BalasHapus
  8. nama: Rinita
    alamat email: rinivir90@gmail.com
    domisili: kediri
    nama akun twitter: @rinitavyy
    link share postingan: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/776693290682818561?p=v

    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

    Maaf sekali kak, tapi aku tidak percaya dengan hal semacam itu. Pada dasarnya Jodoh itu sudah di atur oleh Allah, jadi apa pun golongan darah manusia itu bukan sebuah keharusan dalam menentukan siapa jodohnya nanti.
    Karena menentukan pilihan siapa pasangan kita nanti dan urusan kecocokan dalam percintaan adalah berdasarkan kata hati tiap-tiap pasangannya. Kecocokan itu timbul karena rasa suka dan cinta yang ada. witing tresna jalaran saka kulina. Jadi, Bukan karena golongan darahnya yang bagaimana dan di pertanyakan. Sangat tidak baik jika menentukan pilihan berdasarkan seperti itu, misal: padahal si A ini sudah merasa 'klik' dgn kekasihnya, tetapi pada suatu hari dia mengetahui golongan darah si kekasihnya, terus searcing2 kecocokan berdasar goldar, eh, ternyata gak cocok dgnnya malah katanya mbah google jangan diteruskan hubungannya. Lalu dgn berat hati si A memutuskan hubungan secara sepihak. Nah, setelah putus si A gagal move on nih ceritanya, terus dia tiap hari galau. Malah repot kan jadinya? Udah suka setengah mampus malah diputusin dia sendiri..#nyesek
    So, itu menurut pendapat sih.


    btw thanks GA-nya, oiya jangan lupa dilirik ya kak jawabanku, huehehe..

    BalasHapus
  9. Nama: Rhena Indria
    Email: indriarhena@gmail.com
    Domisili: Bandung
    Twitter: @indriahr
    IG: rhenaindria
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/776750144985321472?p=v

    Menurutku, percaya atau nggaknya kita sama sesuatu bisa menimbulkan pengaruh loh pada hasilnya. Apapun itu, termasuk golongan darah.
    Kalau aku, percaya. Percaya sama takdir yang digariskan Tuhan. Mungkin salah satunya, Tuhan kasih clue nya lewat golongan darah. Sangat memungkinkan.
    Golongan darah bukanlah sesuatu yang bisa direkayasa manusia. Itu pure tangan Tuhan. So, aku yakin sih golongan darah juga sebagai clue kalau dia jodoh kita. Yang paling utama sih, kita percaya. Kalau kita percaya, aku yakin itu bakalan terjadi.

    BalasHapus
  10. Nama: Ana Bahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Domisili : Aceh
    Twitter : @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/776789585481248769
    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?
    Aku tidak percaya.
    Kecocokan hubungan itu baik dengan keluarga, teman, rekan bahkan pacar di dasari saling percaya dan saling memahami satu sama lain, tidak ada pengaruh dari golongan darah masing-masing. Walaupun ada kesamaan atau ketidakcocokan yang dikatakan berdasarkan golongan darah, menurut aku itu hanya kebetulan semata atau karena survey yang sebenarnya tidak mencakup keseluruhannya. Intinya kecocokan dalam hubungan itu hanya terjadi bila ada rasa percaya dan memahami satu dan yang lainnya.

    BalasHapus
  11. Nama: Alvanesya
    Alamat email: alvanesya641@gmail.com
    Domisili: Kertosono, Jawa Timur
    Nama akun twitter: @vanesyakeiko
    link share postingan: https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/776965532029366273?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1002229667

    Apa kamu percaya
    kecocokan berhubungan
    dengan seseorang
    berdasarkan golongan
    darah?

    Jawaban :

    Saya pikir tidak. Mungkin sebagian orang percaya dengan hal-hal itu. Namun apakah yang mereka percayai itu benar?
    Kalo pun ada, mungkin itu hanya kebetulan. Kecocokan seseorang dalam berhubungan bukan dilihat dari kesamaan golongan darah tapi kesamaan bagaimana mereka dalam menghadapi masalah. Kesamaan dalam hal pemikiran, dan tergantung pribadi masing-masing untuk menjalaninya.

    BalasHapus
  12. Nama: Alyani Shabrina
    E-mail: alyaniistt29@gmail.com
    Domisili: Semarang, Jawa Tengah
    Akun Twitter: @alyanishab
    Akun IG: @alyaniistt
    Link Share: https://twitter.com/alyanishab/status/776969296345903109
    Jawaban:
    Antara percaya nggak percaya karena kata salah satu teman aku percaya dengan hal semacam itu tidak diperbolehkan dalam agama. Namun ak pernah mengalami hal yang seperti itu melihat kecocokan dalam berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah. Karena ketika aku dekat dengan seseorang bergolongan yang sama denganku yaitu golongan darah A, hubungan kami tidak berjalan lama hanya sebatas teman. Dan ketika aku dekat dengan seorang teman yg bergolongan darah A banyak sekali kesamaan namun juga ketidak cocokan antara satu sama lain. Mungkin karena terlalu banyak kesamaan diantara kami seperti masih mementingkan ego dan kepentingan masing-masing. Namun sejauh ini hanya seperti itu pandanganku tentang kecocokan berdasarkan golongan darah. Nggak pernah terlalu anggap serius karena takutnya jadi syirik. Berdasarkan penelitian para ilmuwan juga tidak asa dasar penelitian yang mengatakan sifat-sifat manusia berdasarkan golongan darah. Hehehe
    Wish me luck! Semoga bisa menang dan punya serta baca buku yg covernya kerenn banget ini💛

    BalasHapus
  13. Nama : Heni Susanti
    Email : henis_minozz@yahoo.com
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/776971354658660357

    Aku sih secara pribadi tidak percaya. Karena yang aku yakini adalah bahwa kecocokan seseorang itu lebih kepada sikap kita dalam menerima orang di sekitar kita dengan lebih positif. Jadi bukan karena golongan darah yang cocok melainkan karena sikap dan sifat yang bisa diterima dan menghadirkan kenyamanan satu sama lain.

    BalasHapus
  14. Nama: Dera Devalina
    Email: deradevalina@gmail.com
    Domisili: Belinyu, Bangka
    Twitter: @deradevalina
    IG: deradevalina
    Link share:
    https://twitter.com/deradevalina/status/777033049229918208


    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

    percaya ngak percaya sih, Aku sering liat gambar gambar bood type Comic gitu di situ menunjukkan kepribadian – kepribadian dari setiap golongan darah, ada juga buku K-toon nya dan katanya di jepang juga mencari pekerjaan dilihat dari golongan darahnya dan ini terjadi, aku punya teman yang golongan darahnya sama sama A kami memiliki sifat yang sama yaitu pendiam walaupun kami berbeda umur kami selalu memiliki hobi yang sama, pola pikir yang kadang2 juga sama, dan kami memiliki kecendrungan menyukai sesuatu hal yang sama, … tapi ngak tau deh apa mungkin itu cuma kebetulan atau karena kami memiliki persamaan karena selalu bersama - sama setiap hari, pengaruh atau ngaknya golongan darah sama kecocokan berhubungan sama seseorang yang penting untuk hiburan saja sama halnya dengan horoskop bintang. …

    BalasHapus
  15. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    Domisili: Surakarta, Jateng
    Twitter: @san_fairydevil
    IG: callmeinsan
    Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/777039336378249218

    Enggak sih. Aku percaya kecocokan pasangan ditentukan ole sikap, sifat, kebiasaan, dan perasaan. Oh juga ole TAKDIR..

    BalasHapus
  16. Nama : Humaira
    Alamat email : humairabalfas5@gmail.com
    Domisili : Purwakarta - Jawa Barat
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Akun IG : tidak ada
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/776843012576055296?p=v



    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?


    Tidak.

    Menurutku sih engga, tergantung chemistry nya. Ga mungkin juga kalo mau berhubungan dengan seseorang harus tanya-tanya dan tau dulu golongan darahnya.

    Bagiku chemistry itu awal kecocokan suatu hubungan bisa terjalin. Dari seringnya bertemu, nyambung saat berbicara, ada rasa nyaman saat bersama, memiliki pola pikir, sikap, sifat dan kebiasaan yang HAMPIR serupa. Itu merupakan pertama kalinya muncul rasa kecocokan, dan akan diiringi oleh hal-hal lain yang menunjukkan kecocokan pasangan itu.

    Dan mengenai golongan darah, aku rasa itu semua hanya kebetulan saja :)

    BalasHapus
  17. nama: Anik Cahyanik
    alamat email: Cahyanix@gmail.com
    domisili: Jember, Jatim.
    nama akun twitter: @Ancahyanik
    link share postingan ini: https://twitter.com/ancahyanik/status/777140527766474752

    Menurutku, tidak ada hubungannya kecocokan hubungan dengan golongan darah. Secara logika seperti ini, misalnya goldar B dinyatakan cocok dengan goldar A dan O. Lantas, apakah goldar B hanya akan menjalani hubungan dengan goldar itu saja? Bukankah Allah menentukan jodoh seseorang tidak menggunakan rumus goldar. Cocok atau tidaknya seseorang dengan orang yang lain itu ditentukan karena perasaan masing-masing. Sekali pun dinyatakan tidak cocok dan banyak sekali pertentangan, tapi kalau sudah menjadi takdir maka ya dia pasangan sejati kita.

    BalasHapus
  18. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Email: shedetective.coolkid@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/777501480341221381

    Kecocokan hubungan karena hubungan darah?? Gak lah kak. Gak percaya sama sekali. Masa iya kita harus mnjalin hubungan serius hanya karena kecocokan golongan darah padahal dari segi kepribadian gak cocok sama sekali. Dan masa iya kita harus menunggu orng yg cocok golongan darahnya ma kita untuk mnjalin hubungan. Kalau pun orng seperti itu memang ada dan kita temukn, tapi kan dianya blum tentu mau sama kita 😂😂
    Intinya mitos aja sih itu mah kak. Kepercayaan masing2 juga. Tapi bagiku, mau itu darah merah, darah biru atau darah ijo, silahkan dia berhubungan dgn siapa pun yg dia inginkan. Karena mnjalin hubungan itu gak ada sangkut pautnya dgn kecocokan golongan darah, tetapi kecocokan hati.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  19. Nama: Asep Nanang
    Twitter: @asepnanang59
    Domisili: Bungo, Jambi
    Email: asepnanang59@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/asepnanang59/status/777252833447989248

    Tidak, saya tidak percaya.
    Jodoh itu berdasarkan kesediaan bukan golongan darah. Ibarat golongan darah AB yang bisa menerima siapa pun yang mau mendonorkan darahnya asal si resepiennya (penerimanya) bersedia maka darah bisa ditranfusikan. Begitupun dengan jodoh ketika ada signal-signal cinta dan isyarat bahwa ada cinta dihati lawan jenis, maka jika signal itu diterima jodoh telah ditemukan. Yang harus diingat adalah "Kita bisa berharap berjodoh dengan siapa pun, tapi ingatlah bahwa jodoh adalah harapan supaya hidup lebih baik"

    BalasHapus
  20. Nama : Tri
    E-mail : triwahyuni.irawan3@gmail.com
    Domisili : Ciamis
    Twitter : @tewtri
    IG : @tewtri

    Selagi darah biru itu cuma kiasan, saya nggak akan percaya. Walaupun warna darahnya sama, karakter mereka rupa-rupa. Golongan A, B, O, AB baik itu diimbuhin (+/-) sama sekali nggak bisa pukul rata untuk dipake mengkotak-kotakan sifat kita. Ketika golongan darahnya nggak punya relasi sama sifat, bagaimana bisa dia mampu jadi patokan untuk kecocokan satu pasangan? Cowok-cewek yang menjalin hubungan di planet ini lebatnya macem jamur. Sifat-sifatnya apalagi, mungkin banyak yang putus-nyambung, cinta mati sampe nggak rela ditinggal ke toilet sekalipun, atau saling cuek-bebek. Rupa-rupa banget. Dan memvonis si A cocok sama si O atau B nggak cocok sama AB cuma karena cewek manja bagusnya sama cowok dewasa. Duh, yah itu kok ya ngelangkahin Tuhan. Kecocokan bagi saya nggak dilihat dari golongan darahnya, katakanlah saya manusia tanpa golongan darah karena suer sampe hari ini saya belum pernah cek darah tapi saya ngerasa cocok kok sama A, B, O, ataupun AB. Karena kecocokan bagi saya bukan saya rasakan melalui golongan darah, zodiaknya, atau bahkan shio-nya. Kecocokan bisa saya rasakan sebab kita menjalaninya sama-sama, hati kita klop, dan untungnya otak kita nggak terdoktrin buat menanggapi dengan serius masalah-masalah element di atas yang sesungguhnya tetep bisa kita nikmati sebagai hiburan.

    BalasHapus
  21. Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali
    Twitter @rinicipta
    IG @rini.cipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/778092656668905472

    Aku nggak percaya sih sama kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah. Menurutku ini hanya sugesti yang kita tau dari sifat-sifat golongan darah yang dijelaskan di beberapa buku. Kecocokan berhubungan itu nggak bisa dilepaskan dari faktor kepribadian seseorang. Watak dan karakter itu saling berpengaruh karena biasanya hal ini lebih dalam dari sekedar penampilan fisik. Hubungan itu kan melibatkan emosi dan perasaan makanya ini jadi lebih kerasa ke kecocokan berhubungannya. Mungkin aja yang punya golongan darah sama bukan saling keras kepala (kalau dilihat dari sifat golongan darah), tapi malah mendukung satu sama lain.
    Nggak ada jaminan kalau golongan darah akan mempengaruhi bagaimana keharmonisan suatu hubungan.

    Kalau kecocokan Rhesus (antigen pada permukaan sel darah merah) antara ibu dan anak sangat berpengaruh, aku percaya. Rhesus bayi yang nggak sama dengan ibunya akan berakibat fatal, janin akan dianggap sebagai 'benda asing' sehingga akan ada upaya dari tubuh si ibu untuk melawan 'benda asing' ini. Akibatnya sangat fatal yaitu kecacatan maupun kematian pada bayi. Ini ditinjau secara medis sih hehe.. Agak menyimpang sedikit, tapi masih sama-sama tentang kecocokan darah :D

    BalasHapus
  22. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    alamat email : maimun_ridlo@yahoo.com
    domisili : Sleman
    nama akun twitter : @MukhammadMaimun
    nama akun IG : @mukhammadridlo
    link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/778512472567189504

    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

    Percaya karena ada yang bialng sifat seseorang itu berdasarkan golongan darah sehingga sifat yang satu bisa cocok dengan sifat yang bisa menyempurnakannya (saling melengkapi).
    Namun apabila dikatakan jodoh apa enggak. Itu bisa bilang tidak karena yang namanya jodoh itu ga tahu dan belum tentu kita merasa cocok dengan seseorang tapi itu belluum tentu jodoh kita. Misalnya dia lebih suka orang lain dan sebagainya

    BalasHapus
  23. Nama : Herva Yulyanti
    Email : hervahrd@gmail.com
    Domisili : Cimahi, Bandung
    Twitter : @hervayulyanti
    Link Share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/778531616662495232
    Jawaban : Saya ga percaya dengan kecocokan hubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah. Pasalnya ilmu ini termasuk Pseudoscience, pas saya kuliah dulu pernah mempelajari tentang ilmu yang tergolong pseudoscience. Bagi say pribadi seseorang bisa cocok karena memang saling menyempurnakan satu sama lain, kecocokan karena bisa dari hobi, dari kesukaan makanya bisa terus berlangsung. Jika dari golongan darah kembali lagi dari yang saya sampaikan diatas bhwa ilmu ini termasuk pseudoscience.

    BalasHapus
  24. nama: Leny
    alamat email: lynnlenie7@gmail.com
    domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    akun twitter: @_sweetpinky_
    akun IG: tidak punya IG
    link share: https://twitter.com/_sweetpinky_/status/778628030654668800

    Apa kamu percaya kecocokan berhubungan dengan seseorang berdasarkan golongan darah?

    Aku tidak percaya. Kenapa? Karena kecocokan hubungan kita dengan seseorang tidak bisa diukur berdasarkan golongan darah. Belum tentu kan kita cocok dengan orang tersebut hanya dengan melihat golongan darah. Kecocokan itu bisa terjadi karena adanya kesamaan sifat, sikap, hobi, dan juga kenyamanan. Karena kita merasa nyaman dengan orang itu terus hobi kita sama kita pasti akan cocok dengan orang itu. Jadi cocok atau nggak cocok itu tidak bisa ditentukan hanya dengan melihat dari golongan darah. Bisa saja kan golongan darahnya cocok tapi sifat atau sikapnya berbeda dan juga tidak memiliki hobi yang sama. Setiap orang itu unik dan tidak sama satu sama sama lain walau kembar sekalipun.

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku