Selasa, 03 Januari 2017

Little Bit of Muffin | Giveaway

Judul: Little Bit of Muffin
Penulis: Aiu Ahra
No ISBN: 9786022911227
Tahun Terbit: November 2016
Jumlah Halaman: 288 halaman
Rating: ☆☆☆ ½ 
Jenis: paperback
Penerbit: Bentang Pustaka
Sinopsis:

Sugar Bakery, harum kue yang baru matang, pekatnya cokelat, gurihnya krim keju, semua mengingatkan Kesha akan Evan, partner chef yang ia cintai. Pria yang kini pergi jauh, mewujudkan mimpinya studi ke luar negeri. Pria yang bahkan tidak sempat mendengarkan isi hati Kesha yang tersembunyi. Pria yang kemudian membuat Kesha mengambil keputusan, meninggalkan dunia pastry. Mau Kesha hanya satu, melupakan segala tentang Evan di dapur Sugar Bakery.

Namun, keadaan gawat di Sugar Bakery membuat Kesha terpaksa menarik keputusannya. Ia kembali ke Sugar Bakery dengan seabrek tantangan baru, menyelamatkan bisnis keluarga yang telah dirintis mendiang ayahnya itu. Sekali lagi, Kesha menjejakkan kaki di dapur dengan semua kenangan Evan yang tertinggal. Berbaur kembali dengan resep-resep kue, staf dapur, dan Gathan, partner chef-nya yang baru.

Tak mudah bagi Kesha menguasai dapur, sementara hatinya masih kalut. Terlebih lagi Gathan bukanlah sosok yang menyenangkan. Kehadiran pria itu sering kali membuatnya jengkel oleh sifat dinginnya. Namun, muffin yang dipanggang pria itu kemudian menghadirkan rasa hangat di hatinya. Mungkinkah cinta dapat terlahir kembali? Lewat gigitan kecil pada muffin yang ia nikmati bersama pria yang juga memendam masa lalu itu?


“Pada dasarnya, manusia akan melewati banyak tahap dalam hidupnya, supaya dia jadi orang kuat. Bertemu, berpisah, itu sudah biasa. Memiliki, kehilangan, mengingat, melupakan dan lebih banyak lagi.”
—hlm  24


Kesha mencoba melupakan sosok yang selama ini ada di Sugar Bakery selama bertahun-tahun dengan berhenti bekerja selama dua bulan. Tetapi nyatanya, kenangan tetap membelenggu Kesha dan kalau tidak ada keadaan gawat, dia tidak akan kembali ke dapur. Tetapi satu kesalahan kecil saat membuat muffin untuk pesanan besar membuat Kesha sekali lagi harus bekerja di dapur.

Gathan, pastry chef baru yang menggantikan posisi orang yang selama ini menjadi patner Kesha. Kesan pertamanya Kesha sudah buruk dengan lelaki ini, tetapi lambat laun dia mulai menerima kehadiran Gathan. Tapi dengan segudang prestasi yang dimiliki Gathan, kenapa dia memilih Sugar Bakery sebagai tempatnya bekerja?


Nyatanya merengangkan jarak dari orang itu tak bisa membuat ia mudah melupakannya. Apa yang paling tak bisa dilupakan kadang merupakan hal yang tak bisa dimiliki. Kata-kata itu sepertinya memang benar.
—hlm 40


Jadi bagaimana akhir kisah Kesha dan Gathan? Apa masa lalu masing-masing yang berhasil menang atau mereka berdua melawan masa lalu dan menatap masa depan bersama?



My Opinion


Jadi novel ini adalah novel kedua Aiu Ahra yang aku baca. Kemarin aku membaca Unpredictable Marriage dan kali ini aku kembali mendapatkan kesempatan untuk membaca karya penulisnya.

Jujur aku suka dengan buku yang berhubungan dengan kuliner dan begitu dapat buku ini, aku semangat untuk membacanya. Suka dengan pemilihan font, penataan buku dan beberapa resep yang terselip. Belum dipraktekan sih, mager sih ahahahaha, #diselepet

Dari yang aku pelajari, Aiu Ahra ini selalu membuat salah satu tokohnya tidak loveable alias hateable. Eh gak deh, gak sampe level hateable sih, cuma rasanya gregetan aja dan kalau bisa masuk ke dalam novel ini rasanya mau namparin Keysha yang gamon itu :'D #yha

Tapi menurutku ini termaafkan, karena menurutku tokok Keysha ini masih relate sama kehidupan kita. Di luar sana berapa banyak cewek yang gamon karena seorang cowok? Cowoknya sudah lupa sama si cewek sementara ceweknya merana sendirian? Kan nyebelin, tapi setidaknya ada Gathan deh.

Aku cinta sama Gathan! Gimana ya, dia agak kaku tapi fleksibel juga. Emm ... gini, dia orangnya daripada dibilang kaku lebih kepada terorganisir dan bisa ramah pada saat tertentu. Tapi emosinya mulai tidak stabil kalau disinggung seseorang. Siapa dia? Bacain deh bukunya, kalian pasti suka sama ceritanya.




Giveaway!




Aku tahu kalian pasti penasaran dengan kisah Kesha dan Gathan, jadi aku memberikan 1 ekslempar novel Little Bit of Muffin. Cara mendapatkannya gampang kok, disimak yaa.


  1. Memiliki alamat kirim di Indonesia
  2. Follow twitter @OhGirlDay, @aiu_ahra03 dan juga @bentangpustaka 
  3. Share giveaway ini dengan mention 3 akun di atas dan sertakan #LittleBitOfMuffin
  4. Follow blog ini dengan GFC, Bloglovin ataupun email.
  5. Menjawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan nama, alamat email, akun twitter, link share dan jawaban dari pertanyaan di bawah ini:
Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

Giveaway berlangsung dari tanggal 3 - 8 Januari 2017. Semoga beruntung untuk berkenalan dengan Kesha dan Gathan ya.


34 komentar:

  1. Nama: Della Salsabila
    Email: dellasalsabila01@gmail.com
    Twitter: @dellasalsbl
    Link Share: https://twitter.com/dellasalsbl/status/816433854089031681

    Mungkin aku akan mencoba menemukan hal yg menarik, sehingga aku disibukan dengan sesuatu yg kusuka. Berpikiran positif seperti 'ada orang lain yg lebih baik daripada dia'. Hmmm of course membuang semua barang pemberiannya. Delete contact menurutku tidak perlu karna kita kan juga harus menjaga tali silaturahmi, putus belum tentu musuhan. Jangan menghindar jika tidak sengaja bertemu, karna itu akan menunjukkan bahwa kita masih belum move on, cobalah untuk menghadapinya. Gila2an bareng temen juga boleh tuh hahahaha. Yahh dari semua itu Kunci utamanya sih menurutku mencoba membuka hati untuk yg baru hehe

    BalasHapus
  2. Nama: Lina Ernawati
    Email: linaernawati10@gmail.com
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/816477939848003584

    Membuka hati, jika saya sendiri tidak mau membuka hati untuk orang lain, bagaimana caranya saya bisa melupakan dia?. Dengan membuka hati artinya saya siap memulai sesuatu yang baru dengan orang lain dan meninggalkan kenangan di masa lalu dengan si dia.
    Cara yang lain yaitu berusaha sebisa mungkin menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan ataupun hal-hal yang positif, yang bisa membuat pikiran saya teralihkan secara perlahan-lahan dari kenangan masa lalu

    BalasHapus
  3. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/816481558932516865

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

    Menghindari segala hal yang berhubungan dengan orang tersebut.
    Bukan bermaksud untuk memutus tali silaturahmi. Aku hanya butuh waktu untuk menyembuhkan luka yg ditorehkan oleh orang tersebut. Cara yg paling mudah adalah tidak bertemu/melihat dia, atau berurusan dengan segala hal yg berhubungan dengan dia, yg dapat mengingatkan kembali pada hal yg menyedihkan atau menyakitkan itu. Aku ingin menghilangkan rasa sakit yg terkadang menimbulkan kebencian itu. Dan membutuhkan jarak dan waktu untuk melakukannya.

    BalasHapus
  4. Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Email : intankamala@gmail.com
    Akun Twitter : @inokari_
    Link share : https://twitter.com/Inokari_/status/816521914109677568

    Jawaban :

    Caraku untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu adalah menikmati masa kini dan membuka hati untuk berkenalan dengan orang baru yang aku harap bisa membuatku menuliskan cerita baru.

    Nggak gampang emang. Move on apalagi move up ya. Tapi hidup ini hanya sekali lewat. Alangkah sayangnya menghabiskan waktu yang sebentar hanya untuk mengenang seseorang, apalagi si orang itu sudah ngasih memori buruk ke kita. Duh ngapain juga masih diingat-ingat lagi kan?

    Lebih baik jalan-jalan, lihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas, buka hati untuk kesempatan berkenalan dengan orang baru, cerita baru. Yang jelas, jika kita sudah berhasil menikmati masa kini, cerita lalu, orang-orang di masa lalu, bisa ditinggalkan jauh di belakang.

    BalasHapus
  5. Rosa Claudia Rosidi
    rosaclaudiar08@gmail.com
    @RosaClaudia_R
    https://twitter.com/RosaClaudia_R/status/816523558436253696


    Cara melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu kita?
    Hmm.. Bagiku setiap orang yang pernah singgah mengisi hariku kemudian pergi menjauh, kadang membawa tawa bahkan tangis. Aku tak munafik bahwa masa lalu tak begitu saja aku lupakan atau hilang begitu saja dalam ingatan. Aku berdamai dengan diriku sendiri, karena bagiku jika aku belum bisa berdamai dengan diriku sendiri maka tentu akan lebih sulit untuk melupakan masa lalu dan kemudian aku melihat sekeliling ku, orang-orang yang mengasihi ku dan menyayangi ku yang selalu ada disekitar ku. Aku memilih menyibukan diri dengan belajar dan menenggelamkan diri dalam pekerjaan. Dan menikmati waktu bersama keluarga serta teman. Hanya sekedar pergi ke taman atau ke toko buku itu sudah membuat ku bahagia. Tak mudah memang melupakan orang yg pernah hadir di masa lalu kita, karena mereka memberikan banyak pembelajaran dan kenangan yang mendewasakan ku. Membuka diri dan memperbanyak teman, serta nikmati dan jalani hidup ini dengan bahagia dan selalu berpikir positif!

    BalasHapus
  6. nama : Khaerunnisa alamat : Kolaka, Sulawesi Tenggara email : khaerunnisa0198@gmail.com
    akun twitter : NhisaMinoz75
    link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/816566708420812800?p=v
    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masalalu? Saya akan fokus pada kehidupan saya saat ini, saya tidak tau cara apa yang bisa menghapus seseorang yang pernah hadir di masa lalu, karena sampai saat ini saya tidak bisa melupakan orang tersebut, karena dia adalah orang yang menurut saya bisa membuat saya sampai seperti ini, menjadi seseorang yang kuat. Walau membawa kesakitan seseorang dari masalalu juga membawa kebahagiaan yang mungkin sulit kita sadari. Karena dari kesakitan yang dia beri kita bisa menjadi kuat dan lebih baik. Kebahagian yang kita rasakan juga berkat orang dari masalalu. Jika kita bisa memaafkan, bersyukur dan mengambil hikma dari semua kejadian di masa lalu, maka kita akan bisa menikmati hidup dan menemukan seseorang yang lebih. baik pula. Dan semua itu berkat orang dari masa lalu, jadi orang dari masalalu bukan untuk dilupakan akan tetapi untuk di kenang dan di syukuri karena dia pernah hadir dalam hidup kita.

    BalasHapus
  7. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    alamat email: alamadt_saya@yahoo.com
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/816609638057549825

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

    Dengan mencari orang baru. Dengan begitu perhatian, hati, dan lainnya akan teralihkan dengan sendirinya kepada yang baru. Walaupun kita memang tidak akan bisa melupakan siapa yang pernah hadir di masalalu, setidaknya kita bisa melupakan apa yang pernah terjadi di masalalu antara kita dengan orang tersebut. Memaafkan.

    BalasHapus
  8. nama: Hapudin
    email: hapudincreative@gmail.com
    twitter: @adindilla
    link share: https://twitter.com/adindilla/status/816630405465980933

    Jawaban: Sebenarnya dalam kamus saya tidak ada seorang pun yang pantas dilupakan. Sebab tugas melupakan itu punyanya otak. Kalau pun kita punya momen tidak baik dengan orang lain, sebaiknya jangan dilupakan. Dimaafkan saja. Lalu sibukan diri kita dengan berbuat baik sebanyak mungkin atau menyibukkan diri dengan membahagiakan diri sendiri dan orang sekitar. Kalau pada akhirnya bisa lupa, otak kita sudah bertugas dengan baik. Tapi jika tidak, maafkan dan bersyukur pernah mengenalnya. Setidaknya dengan momen tidak baik itu, kita jadi lebih baik dengan belajar.

    Intinya, jadilah orang yang pemaaf dan orang yang bersyukur. Melupakan bukan tanggung jawab kita. jika kita masih berjuang melupakan, hei, kita hanya sedang menyiksa diri sendiri. Habiskan saja waktunya untuk mengenal banyak orang lagi.

    Selamat mengenal seseorang yang lebih baik! :)

    BalasHapus
  9. nama: Bety Kusumawardhani
    alamat email: aki.no.melody@gmail.com
    akun twitter: @bety_19930114
    link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/816569732044308480?p=v

    1. Menghapus semua kenangan tentang dia
    Banyak hal bisa dilakukan agar kotak kenangan yg sudah dikunci rapat tidak terbuka lagi dengan cara: menghapus semua foto di gadget atau media sosialku, menyingkirkan semua foto yg dipajang di kamar dan menyedekahkan benda pemberian dia kepada orang yg lebih membutuhkan, menghindari tempat-tempat yang menjadi kenangan bersama, tidak memutar lagu-lagu yang pernah menjadi lagu favorit kami berdua, tidak mengintip kesehariannya di akun media sosial nya, tidak berada di tempat yg sama dengannya agar terhindar dari godaan untuk mengobrol bersamanya.

    2. Menyibukkan diri sendiri untuk menyenangkan hati
    Initinya melakukan hal yg positif dan disukai, jangan sampai merasa kesepian karena saat kesepian itulah waktu yg rawan untuk mengingat kembali kenangan bersamanya. Contoh hal yg menyenangkan antara lain: traveling dengan menjelajah tempat baru, mendengarkan musik, menulis quote, fotografi, membuat kerajinan hand made, window shopping, makan makanan yang enak dan berolahraga.

    3. Mendekatkan diri pada Tuhan
    Tuhan yang mengatur segala perasaan dalam diri setiap manusia. Hanya dengan kuasa-Nya yg bisa membantuku melupakan segala kenangan masa laluku. Tuhan adalah pembuat skenario hidup yg sempurna. Aku percaya bahwa dibalik kehilangan, pasti Tuhan akan menggantikannya dengan sesuatu yang terbaik untukku

    4. Menjadikan diri sebagai magnet bagi orang lain
    Move on dilakukan dengan membuka diri sehingga lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata, misal: berkumpul dgn keluarga maupun teman. Tidak galau dan baper berkepanjangan apalagi sampai curhat di media sosial yg hanya akan mempermalukan diri sendiri. Aku juga akan merubah penampilan dan mengupgrade kemampuan agar terlihat lebih intelektual dan menarik.

    BalasHapus
  10. Elsita F. Mokodompit
    elsitafransiska@gmail.com
    @sitasiska95
    tps://twitter.com/sitasiska95/status/816793655088291840

    Membuka hati terhadap orang lain sambil tetap membiarkannya ada. Dengan begitu akan terbentuk citra dan kesadaran diri bahwa 'nggak pantas mengingat dia lagi saat kita sudah punya yang baru.' Kesadaran diri bahwa dia sudah bukan siapa2 lagi, bahwa kita harus berfokus pada masa kini, bukan masa lalu adalah hal yang pentinG dan akan sangat membantu.

    BalasHapus
  11. Nama: Ella

    Alamat email: ellaoktaverina@gmail.com

    Akun Twitter: @ellaverina_

    Link share: https://twitter.com/ellaverina_/status/816820796827893761



    Memang sulit kalau kita emang sudah 'attached' banget sama seseorang di masa lalu dan dipaksa untuk lupa semua tentang dia. Saya pernah punya pengalaman seperti ini dan waktu yang dibutuhkan juga lama untuk move on. Yang pertama itu niat dulu, niatkan dengan sungguh-sungguh kalau kita memang ingin keluar dari bayang-bayang masa lalu, karena itu yang akan menguatkan kita semisal kita mulai goyah. Terus, hapus semua message, semua foto ketika kalian bersama. Mungkin awalnya berat karena itu emang berisi kenangan, tapi dengan tidak menyisakan apapun tentang dia... itu akan lebih memudahkan kita untuk move on. Lalu, sibukkan diri dengan melakukan apapun yang kamu suka, punya hobi? Lakukan... sebisamungkin jangan biarkan ada waktu untuk melamunkan tentang dia atau ingat-ingat barang sedikitpun. Quality time sama keluarga dan teman juga membantu karena dengan itu kita bisa sadar kalau kita hanya kehilangan satu orang yang kita cintai sementara masih ada banyak orang yang mencintai kita di sekeliling kita, kadang dengan Q-time macam ini saya bisa bersyukur atas apa yang masih saya miliki :) Kemudian, jangan mengunci hati dan diri kita atas segala kemungkinan yang ada. Ketika dia yang kita sayangi pergi, tanamkan ke mindset kita kalau PASTI akan ada seseorang yang lebih baik lagi (entah itu seseorang yang baru muncul dalam hidup kita atau orang lama) yang tidak akan pergi dari kita ketika hal-hal menjadi sulit.



    Bagi para pasukan yang sedang move on, silahkan dilanjutkan perjuangannya! (dan selamat berbahagia because you deserve to be happy 😊)

    BalasHapus
  12. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter : @PrinceesAinhy
    Email : nuraeniamir7@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/816874723162275841

    Jawaban:
    Nggak ada cara melupakan org yg pmh hadir di masa lalu kita, dan sampai setik ini, semakin aq mencoba melupakan dia di masa laluku, semakin kuat ingatan itu mengakar. Smpai ketika q baca buku dr Tere Liye, bhwa tak ad cara melupakan org d masa lalu, selain berdamai. Mngkin betul ap yg di katakan d buku bang Tere, dan aq berusaha berdamai dgn org di masa laluku, sekalipun it sulit. It adlh cara terakhir yg bisa kulakukan, stlh smua cara tlh kulakukan, sprti membuang barang2 kenangan drinya, foto2 ttgnya, dan smua hal yg berkaitn dgnnya, sama sprti di tokoh Little Bit Muffin, q pun pergi. Tp cara itu gagal, aq gk bsa melupakannya.

    BalasHapus
  13. Nama: Desita Wahyuningtias
    Email: desitaw97@gmail.com
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/816947860226744320

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

    Penerimaan yang tulus. Manusia adalah rekonstruksi ingatan dan impian. Akan seperti lubang yang menganga jika salah satu dari kedua unsur tersebut hilang. Jadi tidak ada gunanya berusaha keras melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu. Cukup memandang ke depan dan menerima kenyataan bahwa dia adalah salah satu bagian kehidupan masa lalu yang membentukku menjadi ‘seorang aku’ yang sekarang.

    Karena kapasitas ingatan manusia terbatas, ia mengingat jelas apa yang kita anggap sebagai sesuatu yang penting. Jadi ketika kita berhasil mengabaikannya, sesuatu yang dulu penting bisa menjadi tidak penting lagi dan secara alami akan terpendam sendiri oleh memori-memori penting lainnya.

    -Selamat menerima hidup beserta masa lalunya-

    BalasHapus
  14. Nama : Lhia Nur Mauliani
    E-mail : nur.mauliani201999@gmail.com
    Akun twitter : @lhiasyrf
    Link share : https://mobile.twitter.com/lhiasyrf/status/817136347462836224?p=v

    Cara melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu? Menjawab ini, aku sedikit tertawa. Aku dan Kesha sama-sama gamon. Tapi, ya begitu. Sebagai manusia, kita harus bangkit kembali dan mencoba melihat kenyataan yang ada.

    Aku, mencoba melupakan lelaki yang pernah hadir di masa laluku dengan berbagai cara. Tidak meng-stalk, menghapus semua tentangnya, dan berusaha untuk tidak mencari tahu keberadaannya. Di antara cara itu, aku masih gagal berulangkali untuk melupa. Jadi, cara ampuh yang bisa membuatku kini benar-benar lupa adalah ; berusaha akrab dengannya sebagai Teman, dan Mencari pengganti yang jauh lebih baik daripada dia. Yup, mencari pengganti nyatanya bisa bikin si masa lalu pergi, loh. Tapi ingat, ini bukan hanya perihal mengganti tanpa hati. Pilihlah pengganti yang benar-benar membuatmu penasaran, sehingga hatimu ingin lebih dan lebih tahu tentangnya. Ini terbukti, pada gadis sepertiku, yang pernah merenung dalam kesendirian karena tragedi kegagal-move on-an itu. Tak ada gunanya menyesali masa lalu. Sebab, luka-luka lama yang pernah ada hanya bisa sembuh bila diobati. Bukan dengan cara menunggu ia kembali. Tapi, carilah pengganti yang mampu mengobati luka, dengan cara yang sebagaimana.

    -----

    Ikutan ya, Kak ^_^

    BalasHapus
  15. Esti
    estiyuliastri@gmail.com
    @estiyuliastri
    https://twitter.com/estiyuliastri/status/817190536935129088

    Cara melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu???
    Menurutku kata yg lebih tepat adalah cara "merelakan" ya...hehe
    Karena kalau melupakan, gak bakal bisa. Susah. Ibaratnya paku, kalau sudah menancap pada dinding, meskipun pakunya uda dicabut, pasti bakal menyisakan bekas lubang di dinding tersebut.
    Jadi menurutku cara "merelakan" orang yg pernah hadir di masa lalu kita adalah yg pertama Niat, mengikhlaskan dia beserta semua kenangan bersamanya.
    Kalau nggak ikhlas, sama aja boong.hehee
    Yg kedua, sibukkan diri dengan kegiatan2 yg positif. Cara ini sangat membantu untuk mengalihkan perhatian kita, agar tidak selalu terpaku pada masa lalu :)
    Yg ketiga, cobalah mengingat keburukan-keburukan dia. Biar ilfeel.. dan makin cepet "merelakan" dia pergi. Inget, dia gak cukup baik buat dipertahankan..
    Bukan apa-apa sih, tapi menurutku cara ini efektif & sudah kupraktekkan.hehe
    Jadi jangan melulu inget kenangan yg manis2 aja, cobalah move on dgn mengingat keburukan2nya juga :)

    BalasHapus
  16. Amanda pratiwi
    Pratiwiamandha@gmail.Com
    @EXOgen02

    Jawab:
    Kalo kita bertekad melupakan, sampe kapan pun gapernah berhasil. Kalo pun berhasil ya masih ninggalin bekas bekasnya gitu, gamungkin pure lupain semua. Jangan melupakan, tapi menghilangkan perasaan. Dengan begitu semuanya bakal biasa aja dan dia jadi bukan lagi objek utama di pandangan kita. Cara ngilangin perasaan emang sulit, tapi tergantung juga sih. Pokoknya cari kesibukan sendiri aja, nanti juga lupa kok. Pikirin masa depan sendiri, trs bertekad buat ngegapai cita cita kamu dengan begitu fokus kamu bukan ke dia lagi :")) jangan lupa berdoa sama Tuhan wkwk, jodoh mah nggak kemana:v

    BalasHapus
  17. nama: Ayu Calista
    alamat email: ayucalista18@gmail.com
    Akun twitter: @ayucalista18
    link share: https://twitter.com/ayucalista18/status/817230822063230976

    Aku bakal belajar ngejar nilai ini, lebih aktif di organisasi, kerja, olahraga dan tidur. Repeated. Monoton tapi ampuh bikin (agak) lupa.
    Kalau benar-benar lupa ya enggak bisa kalau tiap bangun masih mikirin dia, nunggu chat dia. Semua orang bisa lupa kok. Termasuk lupa sama orang yang pernah hadir di masa lalu. Jadi, dari pada memikirkan hal yang enggak jelas bikin ujung-ujungnya galau.

    BalasHapus
  18. Nama : Humaira
    Alamat Email : humairabalfas5@gmail.com
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/816617880984793088?p=v


    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?


    Mengisi waktu luang dengan kegiatan dan melakukan hal-hal baru yang belum pernah aku lakukan (kegiatan positif lainnya), tidak melakukan hal yang bisa membangkitkan memori akan kenangan yang bisa membuatku ingat padanya disaat aku belum siap untuk menghadapi itu semua. Menanamkan hal dalam pikiranku jika kami tidak ditakdirkan untuk bersama, dia bukan untukku dan aku bukan untuknya. Akan ada seseorang yang pas untuk menjadi pasangan kami berdua meski aku sendiri belum ingin untuk memulainya. Biarkan waktu yang menyembuhkan dan menjawab segala usaha yang aku lakukan untuk melupakan itu semua, juga yang pasti aku harus bisa untuk menerimanya, agar semua usahaku tidak sia-sia.

    BalasHapus
  19. Nama : Mifta Rizky W
    Alamat Email : keyminoz@yahoo.com
    Akun Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/817583231365050368

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?
    Jawaban : Semakin aku berusaha melupakanya semakin aku ingat dan sayang dengan dia, cara pertama aku akan buang semua barang, foto atau hal-hal yang bisa mengingatkanku pada mantan atau setidaknya menyimpannya ditempat yang jarang aku ingin melihatnya. Biarlah kenangan sebagai masa lalu. Cara kedua paling hang out dan bersenang-senang bareng teman, sahabat atau keluarga. Tapi aku usahakan jangan ke tempat-tempat yang biasa aku datangi bersama dia. Setelah menata hati dan pikiran dengan liburan cara ketiga mungkin membuka hati dengan orang baru, memang bukan saat yang tepat untuk kembali membina hubungan yang baru, namun tidak ada salahnya untuk membuka kembali hatiku untuk orang baru. Mungkin saja akan ada orang yang dapat mencintaiku secara lebih pantas.

    BalasHapus
  20. Nama : R Tria Octasiana
    Email : rizkytria98@gmail.com
    twitter : @Anaao98
    link share : https://mobile.twitter.com/Anaao98/status/817585942441508864?p=v

    Melupakan? Berat berat. Kalau menurut saya, bukan melupakan. Hanya menyingkirkan kenangan atau apapun tentang orang itu. Karna biasanya yang buat susah keluar dari masa lalu itu gara-gara kenangannya. Lalu apa yang saya lakukan? Awalnya saya harus berdamai dengan masa lalu itu, instropeksi diri lah.
    Setelah itu menghindari. Mencoba menonaktifkan social media yang saya punya hanya untuk beberapa hari. Pokoknya biar gak ngerti sama kegiatan yang dia publikasikan lewat medsosnya.
    Terus, saya menyibukkan diri. Menghapus semua memory. Biasanya menulis cerpen dengan kisah yang agak mirip sama yang saya rasakan. Atau main game, ngemil, dll.
    Udah sih gitu aja. Perihal nomor, akun sosial media, dan benda pemberian dari dia sama sekali tidak saya singkirkan. Yah, kalo nmr & akun ibaratnya untuk bersilaturahmi. Kalau benda biasanya saya taruh di tempat yang terlihat. Karna apa? Dengan begitu saya akan terbiasa dengan benda tersebut. Kalau disembunyikan, ketika saya melihatnya bakal flashback lagi :3 ribet kalo udah flashback mah.
    Terakhir, intinya ikhlas. Karena kalau sudah ikhlas, ke depannya lebih mudah. 

    BalasHapus
  21. Nama: Afiyatul Futhona
    Email: afiput@gmail.com
    Twitter: @afi_iput
    Link share:
    https://twitter.com/afi_iput/status/817612601496473600

    Aku sebenarnya tidak suka melupakan orang lain, kecuali kalau memang tidak sengaja terlupakan. Kalaupun seseorang itu pernah menorehkan luka, menyakiti, atau menyisakan kesan yang kurang baik, aku anggap itu sebagai pengalaman dan pelajaran hidup. Aku lebih memilih untuk membiarkan semuanya mengalir, berjalan lebih lanjut. Tidak sampai mandeg. Cukup sakitnya yang dilupakan, lukanya yang disembuhkan, tanpa harus melupakan orang yang melakukannya. Dengan belajar menerima semua yang ada di masa lalu dan menganggapnya sebagai pelajaran, pasti langkah ke depannya akan lebih ringan. Tidak mudah memang, tapi aku terus berusaha untuk seperti itu.

    BalasHapus
  22. Nama: Nurul Astri
    Email: astristyles82@gmail.com
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/817635493789581312

    Dengan mengikhlaskan. Bagaimanapun juga, seseorang yang pernah menjadi bagian dari masa lalu layak dikenang. Ada masanya, ketika seseorang itu yang dulu membuat kita bahagia. Maka cara terbaik adalah mengikhlaskannya. Jadikan itu sebagai memori yang pernah ada dalam hidup kita, simpanlah masa lalu erat-erat. Kita hidup bukan untuk menatap ke belakang. Menurutku, tidak ada gunanya untuk mencoba melupakan sesuatu yang pernah berarti dalam hidup kita. Toh, melupakan juga hanya membuat kita kembali teringat pada seseorang itu. Nikmati saja prosesnya, pelan-pelan, pasti ada seseorang yang bisa menggantikan sosok itu tanpa membuat kita melupakan seseorang dari masa lalu. Asalkan kita ingin berusaha dan membuka hati.

    BalasHapus
  23. Nama: Gest
    Email; gesthareffy@gmail.com
    Twitter: @AltGST
    Link share: https://twitter.com/AltGST/status/817688563118641152

    Adalah dengan berdamai. Berdamai dengannya, diriku, dan juga dengan waktu. Mungkin pada awalnya agak terasa sulit, tapi perlahan aku yakin tidak ada yang sia-sia dengan usaha ini. Berdamai maksudnya kita belajar untuk saling memaafkan atas hal-hal yang sempat menghiasi sebelumnya. Berdamai dengan dirinya; memaafkan dia dan segala kekurangannya pada masa lalu tanpa pernah menyimpan dendam sekecil apapun, berusaha memperbaiki hubungan agar tetap terjalin tali yang baik. Berdamai dengan diri sendiri; memaafkan diri sendiri dan segala kekurangan diri sendiri pada masa lalu, berjanji untuk tetap tegar dan melangkah ke jalan yang jauh lebih baik, juga berkeyakinan bahwa ini skenario indah yang Tuhan berikan. Berdamai dengan waktu; Waktu kadang yang membuat sakit, tapi ia bisa jadi penyembuh. Berdamai dengan waktu, tanpa pernah menyesali mengapa ia pernah mempertemukan kita dengan dirinya, namun malah lebih bersyukur karna ini adalah pembelajaran hebat di sela-sela perjalanan hidup kita. Dan kita akan tahu alasan semesta menjatuhkan perihal ini di hidup kita. Yakin, akan ada moment indah sesudah pesakitan ini.

    InshaAllah dengan demikian, hati kita jadi ikut merasa damai. Dan lebih ringan untuk tidak menoleh kepada orang yang kini telah jadi masa lalu.

    BalasHapus
  24. Nama : Ervan setiawan
    Twitter : @saidrha
    Email : ervansetiawan1996@gmail.com
    Link : https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/817676487235014656?p=v

    Jawaban :

    1. Mengingat kebaikan orangnya,tak perlu melupakanya cuma krna sakit hati, padahal kita tidak boleh melupakan karna khawatir Kita membenci akhirnya jadi musuh selamanya.

    2. Maafkanlah kesalahan orang itu, kita tahu Dia yg membuat kita Merasakan sakit tanpa dia ketahui
    Selama ini.

    3. Hidup banyak pilihan memang kita pasti punya orang yg buat kita Ingin melupakanya karna hal yg membuat kita tak bisa terima tapi pilihan itu di pikir secara matang jangan langsung bertindak langsung memutuskan dan mengakhiri dgn Putus silahturahmi

    4. Awal untuk bisa menerima Dia itu kita menenangkan diri dulu kita tak bisa gegabah hanya memikirkan sakit dan sakit
    Buang jauh-jauh kata benci dalam hidupmu
    Kebencian hanya menghasilkan penyakit ...

    5. Penyelesaian Untuk masalah sakit hati apalagi melupakan orang lain , kita bisa memberi salah satu Hadiah untuk dia walaupun dianya yg salah coba cara ini. Di balas dgn kebaikan
    Jangan balas dendam

    6. Mungkin bukan melupakan tapi memulihkan perasaan dengan jangka waktu tertentu dgn menyelesaikan fokus terhadap hobi atau jalan2 atau sekalian Traveling breng keluarga atau teman .

    7. Kalo untuk sebagai Pria kebanyakan sakit hati soal cinta obatnya wanita lagi tapi biasanya terlalu banyak sakit hati akhirnya jadi balas dendam terhadap semua wanita dgn mempermainkan perasaannya.
    Atau terlalu banyak sakit hati akhirnya ada penyimpangan seksual jadi suka sesama laki2 ini bahaya.
    Butuh Masukan dan motivasi jangan berlarut-larut biasanya yg punya sahabat sejati ini waktunya menunjukkan Peduli kepada sahabatnya yg mau membantu masalah ini.

    8. Wanita juga sama jika seperti yg di atas tapi Wanita biasanya Tegar walau hatinya sakit sekali, Biasanya wanita mensibukkan dgn mengurus Keperluan Belanja
    Mungkin bisa hilang rasa sakitnya, biasanya kan belanja itu suka lupa waktu.

    9. Klo kamu ingin melupakan seseorang sebaiknya bukan di lupakan tapi tata dulu hati agar jangan berlarut terlalu lama,
    Yg masih fokus kuliah mending Taklukin Dosen killer dan selesaikan tugas yg numpuk
    Yg Menghabiskan jatah tidurmu sebagai Mahasiswa
    Atau sebagai Pekerja fokus ksih sesuatu yg berharga untuk ortu, bahagiain ortu yg selama ini kita sayangi, masa kita terlalu lama memikirkan yg membuang waktu.

    10. Klo kmu ttp ingin melupakan tpi ttp saja ke ingat berarti kmu masih cinta sama Dia, kmu kejar cinta itu dgn sebuah ikatan pernikahan bukan pacaran yg mudah tergoda untuk ke hal yg bermaksiat.

    Semoga cara ku ini tepat dan ampuh :)

    BalasHapus
  25. Nama: Ainun Marhamah
    Email: ainun_marhamah@yahoo.com
    Twitter: @ainunmarhamah
    Link: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/817708769639469057

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

    Terakhir kali aku coba untuk ngelupain seseorang itu udah lama banget.. Jadi agak lupa haha. Tapi seinget aku yang aku lakuin itu menyibukkan diri dengan hal-hal yang menarik dan bermanfaat. Kaya baca novel, exploring youtube, apa aja aku tonton yang penting aku ngga kepikiran sama dia. Main sama temen-temen itu juga ampuh banget. Kita bakal keasyikan sama mereka sampai gainget lagi sama dia. Abis itu juga menerima kenyataan. Toh cowok bukan dia aja, masa depan masih panjang kok, sekolahku juga belum selesai ngapain mikirin pacaran inilah itulah hehe dan akhirnya lama-lama juga lupa dan ngerasa biasa aja :)

    BalasHapus
  26. Nama: Siti Maryam
    Alamat Email: siti.maryam33@gmail.com
    Akun twitter: @merydemaryam
    Link share: https://mobile.twitter.com/MerydeMaryam/status/817712019948244992
    Jawaban:
    Aku akan tenggelam dalam lagu-lagu yang mengingatkanku padanya, sehingga aku akan menangis. Memang, hati akan terasa semakin sakit, tapi seperti mengusuk badan yg pegal, harus dipijat bagian sakitnya biar sembuh.
    Selanjutnya aku akan melampiaskan isi hatiku dengan menulis dan berusaha berdamai dengan kenyataan.
    Kemudian aku akan menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif dan menjadi orang yang lebih baik.

    BalasHapus
  27. Nama: Rohaenah
    Email: rohainalilis@gmail.com
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/817734472489500674
    Jawaban: cara melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu tentunya dengan fokus pada orang yang sedang bersama kita pada saat ini. Menurut aku cara paling baik melupakan yaitu dengan membuat kisah yang baru dengan orang baru, tentunya cinta yang baru. Dengan begitu kita tidak akan selalu memikirkan orang dari masa lalu. Tapi kalopun ingat, harusnya tidak akan jadi masalah karena hati kita udah punya yang lebih baik pada saat ini.
    Simpan saja ingatan itu di satu sudut hati, karena bagaimanapun masa lalu tidak akan bisa dihilangkan. Karena kalo tidak ada masa lalu, mungkin kita tidak akan pernah belajar dan tidak akan bisa menjadi orang yang lebih baik lagi di masa kini.

    BalasHapus
  28. Nama: Deva Muhammad Yasin
    Alamat email: devayasinyahya07@gmail.com
    Akun twitter: @devayasinyahya
    Link share: https://twitter.com/devayasinyahya/status/817784349546332160

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

    >>
    Hal itu mustahil, sangat tidak mungkin melupakan kehadiran orang yang pernah hadir dimasa lalu, 100%. Setiap memory yang disimpan kepala kita pasti akan tetap bercokol disana selama apapun dia tinggal disana, jadi tidak mungkin dilupakan begitu saja.
    Kita tidak dapat melupakannya, tapi kita dapat mengikisnya menjadi serpihan kenangan. Kenangan-kenangan kecil yang akan kita ingat kembali sebagi pengingat dan pembelajaran.
    Jika ini berkaitan dengan luka yang dihadirkan oleh orang dari masa lalu, untuk mengikis keberadaan orang tersebut dimemori kita adalah dengan segera menenmukan penawar luka tersebut. Penawar luka ini, perlahan akan menjadikan sakit yang diakibatkan luka tersebut sebagai kenangan. Penawar luka tersebut adalah pengalihan dan waktu.
    Pengalihan yang saya maksudkan adalah mengalihkan semua masalah yang berkaittan dengan orang tersebut dengan kegiatan lain, seperti menjalani hoby, pekerjaan atau berinetraksi dengan orang lain atau bisa juga dengan menerima keberadaan orang baru(Yah, walau opsi terakhir perlu perjuangan besar ^^).
    Dan waktu, waktu adalah penawar terhebat dalam penyembuhan luka tapi butuh ekstra sabar dan kekuatan serta kemantapan hati yang besar. Memang sulit, tapi bukan tidak muungkin ^^.

    Kembali kepersoalan awal.
    Kita tidak bisa melupakan seseorang begitu saja, apalagi bila meninggalkan kesan yang begitu dalam pada diri kita. Kita hanya bisa mengikisnya menjadi serpihan memory yang dapat kita kenang kembali sebagi pengingat, pelajaran, dan sebagai hiburan tersendiri.
    Jadi, jangan coba untuk melupakannya tapi ikhlaskan saja, itu jalan yang terbaik. :)

    BalasHapus
  29. Nama: Tara
    Alamat email: bpbdecode@gmail.com
    Akun twitter: @lanhudiee
    Link share:https://twitter.com/lanhudiee/status/817806034580312064

    Sejujurnya saya tidak pernah berusaha melupakan masa lalu ataupun seseorang yang pernah hadir dalam hidup saya.
    Kenapa?
    Karena bagi saya, semakin kita berusaha melupakan, maka semakin kuat pula bayangan tentang masa lalu tersebut. Jadi biarkan saja terjadi apa yang memang harus terjadi dan serahkan semua pada waktu. Pada dasarnya lawan dari mengingat bukanlah melupakan melainkan tidak memikirkan.

    BalasHapus
  30. nama : Farida Endah
    Alamat email : faridaendah@gmial.com
    akun twitter : @farida271
    Link share : https://twitter.com/farida271/status/817972240654270468

    jawaban : tidak pernah berusaha untuk melupakan seseorang dimasa lalu, karena semakin kita berusaha melupakan maka malah akan membuat kita terus mengingatnya. ini masalah waktu. serahkan pada waktu. biar waktu yang akan memberitahu posisi seperti apa di hati kita orang di masa lalu kita kelak.

    BalasHapus
  31. Nama: Rizki Fitriani
    email: kikiryeo@gmail.com
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/818027165912399872

    Caraku untuk melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu yaitu dengan melepaskan dan menerima apa yg terjadi dimasa lalu, sehingga tidak selalu terikat dan terbayang oleh masa lalu. membuka diri dan bertemu dengan orang baru. menatap kedepan, menjadikan masa lalu sebagai kenangan dan menjadikannya pengalaman pun pelajaran untuk melangkah kedepan. membuat perubahan positif dalam hidup, dengan menghadapi rasa takut akan masalalu.

    BalasHapus
  32. Nama: Nela Norhela Sari
    Alamat e-mail: nela.hela11@gmail.com
    Akun Twitter: @Nelahela
    Link Share:
    https://twitter.com/Nelahela/status/818062558267514882

    Bagaimana cara kalian untuk melupakan orang yg pernah hadir di masa lalu?

    Bagaimana, yaa? Saya bingung, karena saya sendiri masih dibayang-bayangi kenangan dgn seseorang di masa lalu T.T 😖 Apalagi, kalau dgn mencoba menghapus kenangan tentang dia kayaknya nggak mungkin yaa, karena biasanya semakin ingin melupakan, maka semakin ingat juga dengan itu. Jadi, yg--masih--berusaha saya lakukan, adalah mencoba untuk berdamai dgn diri sendiri, berusaha menerima kenyataan kalau dia mungkin memang bukan untuk saya, mensugestikan diri sendiri bahwa saya akan baik-baik saja atau bahkan bisa lebih baik tanpa dia dan saya mungkin akan dapat yg lebih baik. Mengambil pelajaran dari itu semua, juga harus lebih berhati-hati lagi dalam melangkah. Lalu, saya berusaha menganggap kalau itu semua hanya masa lalu yg nggak perlu diungkit-ungkit lagi, Seperti kata kak Tere Liye, hidup harus terus berlanjut, masih banyak hal yg harus saya kerjakan untuk masa depan saya, jadi nggak ada waktu untuk merana atau bergalau-galau ria memikirkan hal menyakitkan yg udah lewat. Saya juga berusaha membuka diri, berusaha membuka hati saya untuk orang lain yg saya izinkan untuk masuk, meskipun itu sulit karena saya bukan tipe orang yg mudah jatuh cinta, dan yg nggak kalah penting adalah berusaha untuk nggak mencoba men-stalk akun sosmed-nya. Hahaa. Tapi, yg paling sulit itu kalau rasa sakit itu masih ada, karena seperti kata orang, kadang luka hanya bisa disembuhkan oleh orang yg membuat luka itu sendiri, jadi harus bisa berdamai dgn orang itu juga, menyelesaikan apa yg masih belum selesai. 😐

    BalasHapus
  33. Nama: Dwita Andhara
    Email: dhitaandhara@gmail.com
    Twitter: @dwitaandhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/818115842286067712

    Cara melupakan orang yang pernah hadir di masa lalu?

    Mulai ciptakan kebahagian sendiri dan menurutku, bahagia ada saat kita sudah bisa mengubah perspektif atau pandangan kita pada suatu hal dengan baik. Melupakan tidak semudah membalikkan tangan, walaupun coba menyibukkan diri menurutku justru malah tambah stres. Jadi cukup jadi bahagia saja dan kenapa tidak kalau kita mulai mencoba bersahabat dengan masa lalu? Pastinya itu lebih baik daripada melupakan yang nyatanya akan jadi beban di hati.

    BalasHapus
  34. Bintang Maharani
    btgmhrn@gmail.com
    @btgmr
    https://twitter.com/btgmr/status/817661872694579200

    Sugestiii pada diri sndri. Batasii utk tdk selalu memikiirkan diia... ya kalau teringat, lgsg alihkan ke hal lain dan jgn dibawa pusiing atau dipaksa utk melupakan krn semua iiiitu brdasarkan kemauan dan tekad mau atau tidak mengenyahkannya? Saya bilangnya bukan melupakan..... melainkan mengurangiii freuensi utk terus mengingat hal yg sdh brlalu.

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku