Senin, 23 Januari 2017

Sky | Giveaway

Judul: Sky
Penulis: Aiu Ahra
No ISBN: 9786020334639
Tahun Terbit: Desember 2016
Jumlah Halaman: 280 halaman
Rating: ☆☆☆ ½ 
Jenis: paperback
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Sinopsis:
Lyn merindukan tawa Kay yang dulu. Ringan dan bebas, walau seringkali diiringi air mata cengeng. Tawa yang hilang setelah kematian ibuku. Setelah itu, Kay tinggal bersama keluarga Lyn selama tujuh tahun. Kondisi itu ternyata tidak cukup untuk membuat Kay percaya sepenuhnya pada Lyn.

Sikap Kay yang pesimistis berbanding terbalik dengan Lyn yang ceria. Bahkan ketika Lyn membicarakan tentang kesukaan akan langit dan olahraga lari membuat Kay semakin menutup diri. Meski menyukai musik klasik dan bermain piano, Kay tidak berani menjadikan itu mimpinya, apalagi jika harus mendaftar di universitas musik setelah lulus SMA.

Akankah kehadiran orang-orang dalam hidup Kay dan Lyn membuat mereka menyadari perasaan masing-masing? Atau justru semakin membuat mereka menjauh?



Hai, langit  biru. Bagaimana kabar dia sekarang? Dia baik-baik saja?
—hlm 8

Lyn baru kembali dari KL setelah setahun memutuskan untuk pergi dari kotanya. Menunda kuliahnya dan mencoba menyembuhkan hatinya untuk menerima kenyataan bahwa Kay tidak akan pernah bisa kembali seperti yang dikenalnya dahulu.

Selama perjalanan pulang menuju rumah, Lyn mengingat semua kejadian yang telah dilaluinya bersama dengan Kay. Mereka mengenal hampir seluruh waktu hidup mereka, tapi semenjak kejadian itu mereka memiliki jarak yang semakin lama semakin melebar.

Kenangan kembali diputar saat tahun terakhir SMA-nya. Di mana Lyn berhubungan dengan lari dan Key berhubungan dengan musik klasik. Mereka bersahabat, tapi entah sejak kapan Lyn memiliki perasaan yang lebih kepada Key. Tetapi nyatanya tanpa intervensi perasaanpun, hubungan mereka sudah berjarak.

Lyn ingin mengembalikan Key seperti yang dikenalnya dahulu, tetapi nyatanya tidak bisa. Justru orang asing berwujud anak baru, Luna lah yang bisa membuat Key sedikit demi sedikit terbuka.

“Kamu tahu nggak, Kay? Cara terbaik ngebebasin diri kita dari belenggu yang kita ciptain sendiri adalah melepaskannya. Katakan apa yang kamu mau, katakan apa yang membuat perasaanmu sesak. Dengan begitu, nggak ada yang mengganjal di dada kamu.”
—hlm 101

Di sisi lainnya, ada Ethan dengan kameranya yang pada awalnya tidak begitu disukai oleh Lyn tetapi lama kelamaan membuat mereka dekat. Tetapi Lyn masih tetap berusaha membuat Key kembali seperti semula dan hanya untuk berakhir.

Tapi pada akhirnya, apa mereka menyadari semuanya atau memang berakhir saling menjauhi satu sama lain?


My Opinion


Jadi awalnya kupikir bakalan bosan baca ini karena plotnya slow gitu dan juga temanya kok ya mainstream abis. Tapi begitu dibaca, aku gak bisa berhenti. Apalagi aku gregetan sama Key dan rasanya ingin gamparin Key karena terlalu pengecut untuk menyampaikan apa yang dia mau.

Tema persahabatannya di sini terasa banget dan aku suka tipe cerita ini karena agak bitter gitu. Realistis di beberapa bagian karena aku merasa ada berapa banyak orang yang mungkin mengalami kisah seperti ini? Menjadi Key yang tidak bisa mengatakan apa yang diinginkannya dan berakhir kehilangan yang menurutnya berharga?

Karena kadang orang baru sadar sesuatu itu seberapa berharga kalau sudah tidak ada disekitar kita.

Buku ini menurutku cocok banget dibaca untuk para remaja yang mungkin jenuh dengan cerita full romance, karena di sini juga menggambarkan bagaimana persahabatan sekuat apapun bisa renggang. Tetapi bukan tidak bisa diperbaiki, kalau kita saling membicarakannya.




Giveaway!


Siapa yang penasaran dengan Key dan Lyn? Kalau iya, ayo ikutan giveaway di sini ya, Syaratnya gampang kok, disimak ya ^^



  1. Memiliki alamat kirim di Indonesia
  2. Follow twitter @OhGirlDay, @aiu_ahra03 dan juga @Gramedia 
  3. Share giveaway ini dengan mention 3 akun di atas dan sertakan #SKYgiveaway
  4. Follow blog ini dengan GFC, Bloglovin ataupun email.
  5. Menjawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan nama, alamat email, akun twitter, link share dan jawaban dari pertanyaan di bawah ini:
Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

Giveaway berlangsung dari tanggal 23 - 28 Januari 2017. Semoga beruntung untuk berkenalan dengan Key, Lyn, Ethan dan Luna ya ^^


30 komentar:

  1. Halo kaka.. salam kenal sebelumnya. Namaku: siti nihlatul fuadah
    Akun twiter :@nihlafuadah09
    Linkshare :Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/823500193257525252?s=09

    Jawaban dr 'cara membuat sahabat yg menjahuiku kembali dekat?' Jujur, aku pernah loh ngerasain hal itu. Bahkan sahabtku bilang 'kecewa' sama aku. Dan aku tahu persepsi 'kecewa' itu lebih menyedihkan dibangdin 'marah'. Untungnya, aku masih mau usaha keras buat mikir,apa salah aku sampe si dia begitu bngt sma aku. Aku setuju sama kaka persahabatn seerat apapin bisarenggang.

    Dan akhirnya aku introfeksi diri dimana letak salahku. Aku jugameminta dia buat introfeksi dirinya sendiri. Kenapa dia tega juga bilang 'kecewa' sama aku. Yg aku lakuin akhirnya menjauh sementara. Biar sadar porsi salah dalam diri kita masing-masing. Biar sadar juga gimana kita membutuhkan satu sama lain sebenarnya.

    Dan akhirnya,aku yakin pada waktu juga takdir. Jika memang dia jodoh sahabat yg baik untukku. Waktu dan keadaan jugapenerimaan yg membuat kita luluh satu sama lainnya.


    Wish me luck kaka.. 😘😘😘

    BalasHapus
  2. nama: Ayu Calista
    alamat email: ayucalista18@gmail.com
    akun twitter: @ayucalista18
    link share: https://twitter.com/ayucalista18/status/823519914031910912

    Dengan minta maaf di waktu yang tepat, saat kepala berdua sudah dingin. Tetap menyapanya dan sering-sering mengajak mengobrol. Ini penting banget supaya sahabat tahu kita menyesal karena mengecewakannya. Ajak ke kantin atau makan bareng atau kegiatan bersama lainnya. Terakhir, tetap mengucapkan selamat kalau dia mendapat prestasi atau ulang tahun. Pokoknya, usahakan untuk melakukan tindakan seperti dulu. (Aku udah melakukan tindakan itu dan berhasil, kami berbaikan dan bersahabat lagi sampai sekarang). :)

    BalasHapus
  3. Nama: Lina Ernawati
    Email: linaernawati10@gmail.com
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/823542754869248000

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    1. Mencoba untuk intropeksi diri, bagaimanapun pasti ada alasan yang membuat dia menjauhi saya.

    2. Mengalah untuk kembali dekat.
    Jika dia ataupun saya yang bersalah, maka saya akan tetap mengalah. Mengalah demi memperbaiki hubungan itu menurut saya adalah tindakan terbaik untuk memperbaiki hubungan persahabatan.

    3. Mengambil inisiatif untuk meminta maaf.
    Saya tidak peduli siapa yang bersalah disini. Saya akan meminta maaf terlebih dahulu, karena saya tahu, hubungan persahabatan ini tidak akan kembali dekat jika tidak ada yang mau memulai untuk meminta maaf.

    4. Menjadi pendengar yang baik.
    Saya akan menjadi pendengar yang baik untuk dia, saya akan meminta dia untuk menceritakan apapun masalah yang dia hadapi. Saya tidak akan memaksa, tapi saya akan bersedia mendengarkan jika dia ingin berbagi.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    alamat email: alamadt_saya@yahoo.com
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/823615815115096064

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?



    Aku akan mencari tahu alasan dia menjauhiku dan membicarakannya. Tetapi lepas dari itu, aku selalu percaya dia menjauhiku karena dia memiliki masalahnya sendiri. Dan masalah itulah yang aku harus bantu menyelesaikannya.

    Mencoba terus mengontak, bertanya kabar dan bertanya apa mungkin dia sedang ada masalah. Karena aku bersahabat bukan hanya dengan satu orang melainkan empat orang, aku akan meminta bantuan kepada ketiga yang lainnya. Lalu mengingatkan dia akan kenangan-kenangan yang pernah kita berlima lakukan bersama. Mengingatkan bahwa dulu kita pernah saling berbagi suka dan duka, menjadi sehat dan 'sakit' bersama. Aku akan berusaha membuatnya kembali percaya bahwa semua itu bukan sekedar kenangan, bahwa apa yang mungkin dipikirnya kenangan itu masih ada. Mengingatkan dan membuatnya percaya bahwa kami masih ada untuk dia dan selalu ada.

    Tidak pernah berpikir untuk balik menjauhinya. Sebab, sekali saja berpikir untuk balik menjauhi, maka selesai semuanya.

    BalasHapus
  6. nama: Bety Kusumawardhani
    alamat email: aki.no.melody@gmail.com
    akun twitter: @bety_19930114
    link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/823728872218730496?p=v

    Caraku membuat sahabatku yang menjauhimu kembali dekat?
    1. Aku akan ajak dia jalan-jalan ke tempat yg dulu pernah menjadi tempat favorit nongkrong
    Di sana kita bisa ngobrol sambil mengenang masa lalu, bisa juga membawa benda-benda kenangan agar bisa dijadikan bahan obrolan karena awalnya suasana pasti canggung dan kaku. Aku akan mengajaknya bicara dengan tidak menyinggung masalah yg membuat hububgan kita renggang.

    2. Aku akan main ke rumahnya dan meminta maaf terlebih dahulu
    Ini membuat dia lebih merasa dihargai sebagai seseorang yg penting buatku. Aku akan membawakan makanan kesukaannya. Aku akan berinisiatif meminta maaf terlebih dahulu meskipun tidak tahu sumber permasalahannya dari aku atau dia. Dalam hal ini kedewaasaan dan menurunkan ego adalah hal yg terpenting.

    3. Aku akan memberi waktu
    Aku memberi dia waktu untuk memahami dan intropeksi diri. Kalau udah jernih pikirannya pastilah dia akan mencari jalan terbaik dalam menyikapi masalah. Sedikit demi sedikit hubungan yg renggang itu akan kembali mendekat.

    BalasHapus
  7. Nama : Mimi

    Email : mimifachriyah711@gmail.com

    Twitter : @mimichinori

    Link share : https://mobile.twitter.com/mimichinori/status/823712973357191168

    Jawaban :

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    Hal yang pertama aku lakukan adalah mencari penyebab dibalik menjauhnya sahabatku. Jika penyebab itu adalah aku, maka aku akan mengirimi dia pesan. Aku akan memulai dengan mengirim pesan berisi namanya saja. Kalau dia balas, aku akan pura-pura basa basi menanyakan apapun hal yang mungkin gak penting. Baru kemudian meminta maaf. Dan jika memungkinkan aku mengajaknya meet up.

    Kalau dia ga balas, ketika aku mengirimi pesan berisi namanya. Aku akan langsung minta maaf lewat pesan. Dan jika responnya baik, aku akan ajak dia meet up. Jika responnya kurang baik, aku akan membiarkan dia sendiri dan berpikir dulu. Aku tidak akan mengganggunya sampai kira-kira dia sudah bisa memaafkanku.

    Tapi, jika bukan karena kesalahanku. atau mungkin dia menjauh karena dia atau aku sendiri mulai sibuk masing-masing. Aku akan berusaha cari celah lagi buat dekat sama sahabatku. misalnya ketika dia nulis status aku akan beri komentar. sehingga dari komentar-komentar ringan bisa membawa ke obrolan lebih penting, bahkan bisa janjian untuk meet up agar persahabatan kita semakin berkualitas.

    BalasHapus
  8. nama : Kurota A'yuni
    alamat email : kurotaayuni95@gmail.com
    akun twitter : @Violemine18
    link share : mobile.twitter.com/Violemine18/status/823768180250152961?p=v
    jawaban :
    Membuat sahabat yang menjauhiku menjadi dekat kembali..
    Itu tugas yang sangat berat.
    Jujur, saat ini aku sedang mengalami hal ini. Tiba-tiba temanku marah dan menjauh begitu saja.
    Tentunya aku bingung kenapa dia seperti itu. Karena, menurutku kami tidak memiliki masalah.
    Maka hal yang pertama aku lakukan adalah bertanya padanya, kenapa dia marah padaku.
    Lalu setelah dia memberi jawaban, aku memberi dia ruang untuk sendiri. Disisi lain, aku pun intropeksi diri. Sikapku yang seperti apa yang membuat dia menjauh.
    Sampai aku menulis ini, hubungan persahabatan kami belum membaik. Dia masih menjauhiku, karena memang dia memiliki sifat keras kepala.
    Alhasil, aku membiarkan dia dahulu dengan dunia nya. Sampai dia lelah dan mau menemuiku lagi.

    BalasHapus
  9. elsita F. Mokodompit
    elsitafransiska@gmail.com
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/824009654858452992

    Kalau saya punya salah, saya akan minta maaf. lalu setelahnya saya akan sering mengunjunginya, menyapanya, meminta waktunya untuk curhat, melakukan hal-hal yang sering saya lakukan padanya saat seperti dia sebelum marah, sebelum hubungan kami rengganG. Mungkin memang nggak mudah untuk kembali seperti sedia kala, nggak sesederhana membalikkan telapak tangan atau senyuman dan sapaan yang dilontarkan. Tapi kalau menuruti kemarahannya dan ego saya, apalagi yang bisa saya lakukan?

    BalasHapus
  10. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Email: feby.auliaayundita@gmail.com
    Twitter: @febyaulia316
    Link share: https://twitter.com/Febyaulia316/status/824022559410655233

    Waah aku pernah mengalami kejadian seperti ini beberapa bulan lalu, jadi keinget wkwk. Yang aku lakukan adalah aku akan tanya dulu alasan kenapa dia menjauhiku, jika memang aku yang salah aku akn meminta maaf sama dia. Kalau dia belum bisa ngasih maaf, aku akan diemin dia dulu karena sahabat ku pada panas semua hehe, nah sudah lama baru deketin lagi dengan pelan-pelan, lalu klarifikasi permasalahan itu. Jika sudah diklarifikasi kan enak, gausah musuh-musuhan lagi. Itu yang aku lakuin saat ada masalah seperti ini sama sahabatku, dan alhamdulilah cara ini ampuh dan kami kembali seperti dulu😄. Karena saat masalah itu terjadi aku memegang prinsip; kalau sahabat kan mau masalah segede apapun sahabat yg bener-bener sahabat kan akan balik lagi, kalau bukan sahabat yaudah mungkin kita hanya bisa jadi teman aja.

    BalasHapus
  11. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/824045382770364416

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    kalo aku ngerasa sahabatku menjauhiku, pasti ada hubungannya dengan sikapku yang bikin dia marah atau sebel. kalo emang bener begitu, aku akan tanya dulu apa yang bikin dia ngerasa seperti itu. pokoknya diomongin bener2 lah. setelah itu, aku minta maaf sama dia karena udah bikin dia sebel atau marah. kalo dia belum mau maafin, aku beri dia waktu, jangan terlalu ngotot gitu. tapi tetep aku nunjukin sikap kalo aku mau kita baikan kayak dulu. dengan begitu, semoga hatinya luluh dan mau maafin aku, jadi kita bisa sahabatan lagi deh :)

    BalasHapus
  12. Nama : Mifta Rizky Wiratnasari
    Email : keyminoz@yahoo.com
    Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/824066753231589379

    Langkah pertama yang harus aku lakuan yaitu mencari tahu apa penyebab berubahnya sikap sahabatku terhadapku, aku akan berbicara kepadanya tapi aku usahakan untuk tidak meyinggung perasaannya. Aku akan menanyakan kepada dia apakah aku punya salah sehingga dia bersikap berubah sama aku, sebisa mugkin aku tidak akan berdebat karena nanti akan malah tambah memperumit keadaan. Ketika dia mulai mengutarakan keluhannya maka aku akan menjadi pendengar yang baik, menunggu sampai dia selesai bercerita. Demi mempersatukan kembali persahabatan maka aku akan mengalah, mengucapkan kata maaf terlebih dahulu dan tidak bersikap egois, jika memang dia tidak bisa menerima permintaan maafku maka aku akan memberinya waktu untuk memaafkanku.

    BalasHapus
  13. Nama : Aenun Nasyifa Z.A.
    email : aenunku31@gmail.com
    twitter : @AenunNasyifaZA
    Link Share : https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/824068028157415424

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    kita harus memahami situasinya, apa yang menyebabkan dia menjauh dan apakah itu kesalahan kita walaupun kita juga merasa tersakiti tapi cobalah mengerti pasti dia juga tersakiti oleh kita maka dari itu pahami dulu latar belakangnya yang membuat dia menjauh. sebisa mungkin jangan menyimpulkan tanpa adanya fakta yang jelas jadi ngga bikin masalah tambah ribet tapi dipkir dengan mempertimbangkan kejadian yaang membuatnya menjauh.
    cobalah berbicara dengannya, berinisiatif untuk meminta maaf dan pastikan kita siap mennggung resikonya. terus hubungi dia walaupun dia acuh tak acuh kepada kita kalau bisa ajak bertemu, dengarkan dia dan berpikir dari sudut pandang dia. dia pasti ingin sekali mengungkapkannya namun sangat sulit karena mungkin sakit hati yang belum sembuh, mintalah dia untuk terbuka dan sebisa mungkin meyakinkan dia bahwa anda akan selalu ada bersamanya. jika dia masih enggan maka berilah waktu kepadanya untuk memikirkan semua ini jadi, sabar dulu aja. setelah dia mulai terbuka dan kita sudah memahaminya, jalinlah persahabatan itu lagi seperti sedia kala, temani dia melakukan hobinya atau ajak makan bersama. kita pasti tahu apa kemauan sahabat kita dan aku yakin sahabat kita juga pasti tidak mau berlama-lama menjauhi kita. jangan egois dan jangan malu untuk meminta maaf duluan.

    BalasHapus
  14. Nama : Riza Putri Cahyani
    Email : rizaputricahyani@gmail.com
    twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/824124468465385476

    Jawaban :
    Aku mencoba mencari tahu penyebab dia menjauhiku. Aku berusaha memberi dia waktu untuk berpikir karena mungkin ada kesalahan dari aku yg buat dia menjauh. Setelah aku tahu alasannya aku mencoba memahami alasannya dan situasi yg sedang dihadapinya karena mungkin dia butuh waktu untuk merenung dan berpikir sendiri karena bisa saja dia punya masalah dgn orang lain dan tidak ingin membebankanku. Jgn sampai kita ikut menjauhinya juga tapi kita tetap harus ada sehingga dia tidak merasa ditinggalkan dan tau kalau sahabatnya masih sayang sama dia. Aku akan berusaha menghubunginya duluan dan mengajaknya menghabiskan waktu bersama seperti biasa tapi jgn memaksanya. Aku akan membicarakan hal ini baik-baik dan berusaha membuat hubungan persahabatan kami membaik. Jika dia tidak mau membicarakannya aku akan menjaga jarak hingga masing-masing dari kami sadar seberapa penting peran masing-masing bagi sahabat. Jgn memaksa dan jgn menyalahkan akan membuat hubungan perlahan-lahan membaik.

    BalasHapus
  15. Nama: Rinto Siswantoro
    Email: rintosiswantoro98@gmail.com
    Twitter: @rinto9915
    Link Share: https://twitter.com/rinto9915/status/824159707808071680?s=09

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    Hal pertama yang aku lakukan adalah secara diam-diam mencari tahu apa penyebabnya dia menjauhiku, akan kucari sampai ketemu apa itu penyebabnya, demi tali persahabatan yang telah aku jalin selama ini bersama sahabatku. Setelah aku mengetahui apa penyebabnya, aku akan secara pelan-pelan menyapanya, mengajak ngobrol-ngobrol ringan seperti biasanya, yaa walaupun dia sedikit jutek dengan aku, gak masalah bagiku yang penting hubungan ini harus membaik seperti sediakala. Setelah ia cukup sedikit terbuka dan fair kembali padaku. Lahan perlahan aku memberanikan diri untuk menanyainya walaupun agak gimana gitu hehehe.
    "Akhir-akhir ini kita berdua kok jarang bersamaan lagi ya sob! Kok gak seperti biasanya kita yang suka ngegokil bareng jadi agak diem-dieman seperti ini. Cerita dong sob kenapa kok akhir-akhir ini kamu sedikit menjauh dariku? Jujur aku merasa ada yang kurang dalam menjalani aktivitasku tanpa ada sosok dirimu didekatku! Yaa walaupun banyak teman-teman yang lain tetapi rasanya masih ada yang kurang. Cobalah kamu sharing-sharing sedikit apa masalahnya yang membuat kamu agak beda sama aku akhir-akhir ini!, kamu sudah aku anggap sebagai saudaraku sendiri sob! Ayo dong cerita sama aku ada apa? pliss!"

    Mungkin dia sangat berat sekali untuk menceritakan masalahnya kepadaku, tetapi meskipun kurasa berat baginya untuk menjawab. Aku yakin pasti dia akan menceritakan semua masalahnya itu kepadaku. Karena dia sadar akulah seorang sahabat yang mungkin paling klopp dengan dia. Tak ada yang lain!!! Hehehe.
    Setelah secara pelan-pelan dia menceritakan masalahnya kepadaku,, mungkin disaat itu kita akan kembali menjadi sahabat seperti biasanya yang saling bercanda dan ngegokil bareng lagi, tanpa ada masalah yang harus ditutup-tutupi. Aku yakin itu! InshaAllah...

    BalasHapus
  16. Nama: Mega Widyawati
    Alamat email: negawidyawati25@gmail.com
    Akun Twitter : @Widy4_W
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Widy4_W/status/824181634744385536?p=v

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    # Pertama yang aku lakukan adalah merenungkan diri terlebih dahulu, dan membuat beberapa hipotesa, hal apa yang membuat sahabatku menjauh. Kalau seumpama ternyata penyebabnya menjauh itu karena aku punya kesalahan an telah menyakiti hatinya. Maka, cara yang aku lakukan adalah meminta maaf dengan tulus padanya. Dan kalau pun kesalahannya bukan terletak padaku pun, aku akan tetap minta maaf. Karena bagiku, setinggi apapun yang namanya gengsi, tetaplah namanya persahabatan akan menjadi penting untuk di pertahankan.

    # Kedua. Kalau semisal ia sudah mau memaafkanku. Sudah mau bicara denganku. Tetapi, sikapnya masih tertutup, tidak seperti biasanya. Aku maklum, namanya juga masih proses pendekatan (lagi). Intinya harus bersabar. Maka, cara selanjutnya, aku akan mengajaknya mengobrol santai dan rilex dulu. Tidak mengungkit masalah yang sedang berlangsung. Memberikan sahabatku waktu berpikir, memberinya kebebasan untuk menentukan apakah ia akan menceritakan keluh kesahnya atau tidak.

    # Ketiga. Ketika
    Persahabatan kami mulai membaik. Kami juga sudah saling bertukar curahan hati masing-masing. Maka, cara selanjutnya adalah membuat rencana untuk saling bertemu. Dengan membuat suatu aktivitas seru yang tadinya sering kami lakukan bersama. Seperti memasak, belanja, hangout, nonton. yang inti dari rencana ini adalah mencegah dari rasa canggung, membiasakan diri agar kami bisa menjadi sahabatan dan menjadi dekat lagi seperti sedia kala.

    BalasHapus
  17. Nama : Humaira
    Alamat Email : humairabalfas5@gmail.com
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/824266424759635969?p=v



    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?


    Pertama pasti memikirkan apa interaksi terakhirku yang akhirnya malah merenggangkan hubungan kami. Cari kesempatan dimana dan kapan pun itu, berusaha jadi orang yang memulai pembicaraan dengannya. Topiknya apa saja, tapi saat terlihat dia mulai bosan mungkin kami harus rehat sebentar. Disela waktu itu diisi dengan memikirkan pembicaraan apa yang sekiranya membuatnya tertarik dan nyaman sama aku. Janjian dengannya lagi, datang ke tempat kenangan yang pernah kami datangi dulu sambil berbincang-bincang hal-hal yang dia sukai, mengenai hobi atau cita-citanya. Meski pembicaraannya tidak aku sukai, aku harus memberi minat pada apa yang ia bicarakan, agar ia nyaman dan tidak berhenti saat bercerita. Pembicaraan ringan yang bisa membuatnya terbuka dan tertawa lepas. Mulai dari hal yang menarik minatnya.

    BalasHapus
  18. Nama: haidarohsholeh
    Twitter: @haidarohsholeh
    Link share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/824266882924605446

    Jawaban: membuat sahabat yang sudah menjauh untuk kembali dekat ya tidak ada cara lain selain kita harus minta maaf dan berjanji gak mengulangi kesalahan kita. Kalau bukan kita yang salah ya sebaiknya kita ingatkan sahabat kita itu dengan kesalahannya dan alangkah baiknya kalau kita yang minta maaf walau kita gak salah. Hal itu pasti bisa membuat masalah yang sudah terlanjur terjadi perlahan akan hancur dan kebekuan akan mencair.. Percayalah karena jujur tak ada salahnya tak ada rendahnya meminta maaf duluan itu. Gengsi sih iya namun pershabatan jauh lebih mulia dan lebih indah daripada menuruti gengsi yang nantinya akan berujung pada penyesalan tiada bertepi di kemudian hari. Sebab biar bagaimanapun kita gak bisa kok hidup individual terus. Kita butuh teman butuh sahabat.

    BalasHapus
  19. Nama: haidarohsholeh
    Twitter: @haidarohsholeh
    Link share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/824266882924605446

    Jawaban: membuat sahabat yang sudah menjauh untuk kembali dekat ya tidak ada cara lain selain kita harus minta maaf dan berjanji gak mengulangi kesalahan kita. Kalau bukan kita yang salah ya sebaiknya kita ingatkan sahabat kita itu dengan kesalahannya dan alangkah baiknya kalau kita yang minta maaf walau kita gak salah. Hal itu pasti bisa membuat masalah yang sudah terlanjur terjadi perlahan akan hancur dan kebekuan akan mencair.. Percayalah karena jujur tak ada salahnya tak ada rendahnya meminta maaf duluan itu. Gengsi sih iya namun pershabatan jauh lebih mulia dan lebih indah daripada menuruti gengsi yang nantinya akan berujung pada penyesalan tiada bertepi di kemudian hari. Sebab biar bagaimanapun kita gak bisa kok hidup individual terus. Kita butuh teman butuh sahabat.

    BalasHapus
  20. Nama : Ervan Setiawan
    Email : ervansetiawan1996@gmail.com
    Akun twitter : @saidrha
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/824544741186375680?p=v

    Jawaban :

    - Tahukah kamu Sahabat itu selalu ada untukmu, mungkin saat ini dia menjauh karena tidak mau menyusahkan kamu untuk membebani masalahnya,
    Dan kita mesti pengertian jika ini pilihan Dia,
    Kita bisa bertemu melakukan komunikasi tatap muka dan berikan sesuatu hadiah yg Ia sukai untuk menarik perhatian kita,
    Minta maaf perlu walaupun kita tak punya salah, tidak ada salahnya kita mencoba meminta maaf di saat kondisi yg memungkinkan tepat , setelah itu kita jabat tangan dan peluk hangat sahabatmu di sertai jga teguran halus jika terbukti dia menjauh krna tidak suka dgn kita , berika teguran tentang berbahaya permusuhan di antara benih kebencian yg menimbulkan penyakit hati
    Kitanya jga harus punya perilaku yg membuat Dia nyaman dan Akrab lagi.
    Hindari kesalahan yg Sama Walau kita suka lupa akan kesalahan yg bru saja dilakukan, dan takkan terulang kembali ksalahan itu, biar sahabat kita selalu ada di dekatmu bahkan disaat pergi pun kmu slalu ada di hatinya selalu.
    - Sahabat adalah sandaran kita kala sedih, duka, senang, dan canda tawa kebersamaan itu takkan ditelan waktu akan abadi ,Memori ini penuh kenangan yg mengungkit di suatu waktu kalau kita punya kebahagian punya sahabat yg berperan penting di kehidupanku.

    BalasHapus
  21. Nama: Ana Bahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Twitter: @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/824563730486669315
    Jawaban:

    Menurut pengalaman pribadi saya yang terjadi sekitar 5thun lalu, yang harus dilakukan adalah:
    Awalnya saya terus mencoba menghubunginya agar bisa bicara dari hati ke hati, tapi sayangnya dia menolak dengan berbagai alasan yang benar-benar tak masuk akal. sehingga saya memilih langsung ke rumahnya menjumpainya dan menanyakan langsung apa yang menyebabkan dia menjauh. Mulanya terkesan canggung, dia tak tega mengusir saya pulang namun juga tak mau terlihat membuka diri terhadap saya seperti biasanya, sampai akhirnya saya seperti mendesak dan mengeluarkan seluruh unuk-unek yang saya pendam selama ini.. Dan kami pun menangis bersama menyesali kebodohan yang kami lakukan yang telah menghancurkan persahabatan selama ini.
    saya fikir intinya hanya saling emmbuka diri dan percaya kepada satu sama lain, tidak ada rahasia ataupun kejengkelan yang dipendam dalam hati.

    BalasHapus
  22. Nama: Desita Wahyuningtias
    Email: desitaw97@gmail.com
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/823668246322655233

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    Tanya langsung ke dia apakah ada yang salah? Apakah dia sedang menghadapi masalah atau justru akulah penyebab dari masalah yang dia hadapi. Mungkin aku melakukan sesuatu di luar kebiasaan kami yang membuat dia tidak lagi nyaman menjadi sahabatku.

    Intinya tanya langsung sampai semuanya clear, jangan sampai membiarkan dia terus menghindari kita karena itu bisa semakin memperburuk keadaan. Bisa-bisa persahabatan kami yang hangat berubah sedingin kutub.

    Enggak peduli siapa yang salah, aku yakin jika kami sudah saling berbicara secara jujur. Perasaan saling memiliki satu sama lain kami akan kembali muncul dan meluluhkan keegoisan masing-masing. Menerima kekurangan dengan tetap berusaha menjadi lebih baik ke depannya. Karena itulah arti persahabatan.

    Sahabat tidak akan membiarkan sahabatnya nyaman dengan kekurangannya, tapi juga tidak lantas meninggalkan sahabatnya yang penuh kekurangan. Ia akan bergandengan tangan, saling mengingatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

    BalasHapus
  23. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/824880752693125120

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    Mengajaknya bicara dari hati ke hati. Saling terbuka tentang apa yg membuat kami tidak berkenan/tidak suka dengan sikap masing-masing, apa yg kami harapkan satu sama lain. Dengan begitu kami bisa saling mengetahui apa yg perlu kami perbaiki dalam hubungan persahabatan kami. Intinya komunikasi, juga saling toleransi. Jika komunikasi lancar, maka kesalahpahaman tidak akan timbul. Dan rasa toleransi akan memubat kami saling memahami satu sama lain.

    BalasHapus
  24. Novi Andriyani27 Januari 2017 18.43

    Nama: Novi Andriyani
    Email: Noviandryn@gmail.com
    Twitter: @kysmpnvii
    Link share: https://twitter.com/kysmpnvii/status/824918025098842113
    Jawaban:

    Aku pernah ngalamin hal seperti ini. Yang aku lakuin, kembali mengingat-ingat apa yang aku lakukan sampe dia menjauhiku. Apa dari perkataanku yang membuatnya nggak enak atau perbuatanku yang bikin dia marah. Lalu aku coba buat bicara sama dia, kalo dia masih tetep gak mau aku akan terus coba agar dia mau bicara sama aku. Terus akan aku coba tanya sama dia, kenapa dia menjauhiku? Dan aku akan meminta maaf kalo misalnya ada perkataan dan perbuatan aku yang bikin dia ga enak. Kalo dia masih belum mau menjelaskan kenapa, aku akan terus berusah agar dia mau membicarakannya, karena sebagai sahabat aku ga mau dong dijauhin sama sahabat aku sendiri, karena rasanya ga enak.
    Aku yakin kalo dia menganggap kita sahabat dan tulus pasti dia juga ngerasain gimana rasanya jauh sama sahabat sendiri dan dia pasti bakal mau bicara dan ngeluarin unek-uneknya agar sahabatnya mau perbaiki diri. Sahabat itu seharusnya saling jujur dan mengingatkan satu sama lain agar tidak terjadi kesalah pahaman dan sebagainya.

    BalasHapus
  25. Nama: Ainun Marhamah
    Twitter: @ainunmarhamah
    Kota: Palembang
    Link: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/824980012394700802
    Email: ainun_marhamah@yahoo.com

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    Nyamperin dia dan tanya kenapa dia ngejauhin kita. Kita gaakan pernah tau, mungkin kata-kata yang menurut kita biasa aja bisa jadi suatu duri yang menyakitkan bagi dia. Mungkin kita gasengaja ngomong sesuatu yang ngga dia sukai. Atau mungkin juga ada alasan lain. Entah apapun itu aku tentu akan minta maaf, dari hati yang paling dalam *eaaa. Sahabat itu susah banget nyarinya, kalau temen ya banyak, tapi kalau sahabat itu ibaratnya kaya best of the best gitu. Dan kehilangan sahabat itu bener-bener gaenak dan bakalan bikin kita sedih bertahun-tahun 😭😭😭

    BalasHapus
  26. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Domisili: Tangerang
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/825340476635103232?p=v
    Email: Larastanie24@gmail.com

    Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?

    Yang pertama aku lakukan, pasti menanyakan apa alasan dia tiba-tiba menjauh. Lalu aku akan mencoba untuk instropeksi diri dan meminta maaf. Dengan begitu, aku akan mendapatkan sahabatku kembali dan berhasil mengesampingkan egoku.

    BalasHapus
  27. Nama: Rinita
    Alamat email: rinivir90@gmail.com
    Akun twitter: @Rinitavyy
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/825344626273824769?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5556657363
    Q: Bagaimana caramu membuat sahabatmu yang menjauhimu kembali dekat?
    A: Mendekati sahabat kembali, sebenernya bukan persoalan sulit. Mengingat, bagaimana pun marahnya seorang sahabat, bagaimanapun bentuk permasalahannya, yang aku ketahui mereka tidak bisa terus berseteru dan bersitegang dengan sahabatnya sendiri selama keduanya masih memiliki ikatan tak kasat mata yang bernama persahabatan. Karena disini ditanya cara-cara membuat sahabat semakin dekat, mungkin penjelasanku tadi masih kurang. Maka akan aku tambahkan beberapa cara, yang semoga bisa di terima dengan baik dan masuk akal.
    Seperti:
    1. Emm, sebagai seorang sahabat yang tahu segala sesuatu mengenai sahabatnya, tentu aku harus tahu benda-benda kesukaannya. Nah, aku bisa tuh membelikannya, atau kalo ada kemungkinan bisa dibuat tangan aku akan membuatkan barang tersebut dari tanganku sendiri. Tindakan ini sebenernya bukan untuk minta di puji atau gimana, tetapi murni agar aku bisa baikan dengan sahabatku lagi.
    2. Mengajaknya hangout. Biasanya sih buat deket sama sahabat lagi kita perlu melakukan yang namanya pergi bersama keluar rumah, mengobrol bareng. Biar nggak canggung kalo lagi berpas-pasan dijalan, dan yang paling penting kita bisa saling menyapa kalo bertemu dimana aja.
    3. Kalo punya hobi mainin alat musik, seperti piano, bisa juga di coba buat main bareng. Dan setahuku, ternyata ada lho permainan piano 4 tangan. Maksudnya dua orang main bareng di atas satu piano. Wah, buat yang mau jadi deket bisa di coba lho. Nggak cuma buat para sahabat aja. Melainkan yang pengen balikan sama mantan pun boleh banget saranku ini. Karena katanya, memainakn alat musik itu butuh ikatan batin dan ikatan yang kuat. Harus seimbang, Sehati, dan Satu tujuan. Bermain Indah! Wah, Cara ini bisa di coba dan aku jamin efektif banget. Mengingat permainam piano itu selalu memberikan sensasi emosi satar akan cinta, persahabatan, amarah, kasih sayang dan berbagai bentu emoso lain yang muncil dari alunan musik piano.
    4. Terakhir. Yang ini aku agak nggak yakin apakah bisa berhasil mendekatkan sepasang sahabat. Tetapi perlu di coba untuk memastikannya. Pernah denger tentang mengirimkan surat atau tulisan ke Radio Penyiaran. Ngomong-ngomong yang lagi berantem sama sahabatnya nih ya, Aku punya ide buat minta maaf dengan mengirimkan surat permintaan maaf itu ke penyiar radio. sekalian ngirim puisi persahabatan dan merequest satu lagu tentang persahabatan akan abadi selamanya supaya di play setelah puisi di bacakan. Ku pikir cara yang terakhir agak, uhuk, drama banget. Tapi...ya begitu deh. Semoga cara-caraku tadi ada yang manjut dan bermanfaat bagi yang pengen deket sama sahabatnya lagi. Amiiin.

    BalasHapus
  28. Nama: Rizki Fitriani
    Email: kikiryeo@gmail.com
    Twitter: @Kikii_Rye
    Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/825361015298592772

    hal yang aku lakukan adalah intropeksi dan memperbaiki diri. tidak ada asap jika tidak ada api. pasti ada alasan kenapa dia menjauhiku.
    mencoba mendapatkan kembali kepercayaan darinya. karena inti dari persahabatan itu bukan bagaimana mempercayai kita melainkan bagaimana kita dipercaya olehnya. menerima keadaan dan meminta maaf kemudian mencoba merajut kembali ikatan persahabatan yang mulai melonggar

    sahabat akan kembali meski kita sering menyakiti berkali kali, tapi setiap manusia ada batasnya, dan mungkin saat ini adalah titik tertinggi batasan yang dia miliki. mungkin dengan menjauhi kita sahabat sedang mencari ruang untuk menyelesaikan maslahnya sendiri, atau memberi kita waktu untuk berpikir kesalahan apa yg telah kita perbuat dan sebisa mungkin memperbaiki keadaan.
    karena aku yakin, sahabat itu orang yang selalu mengerti kita, mungkin dengan menjauh adalah satu hal diantara seribu cara mereka menegur kita agar kembali kejalan yang benar.

    berusaha sebisa mungkin tidak kehilangan kontak dengan mereka. selalu berusaha mendekatkan diri dan menyapa meski tidak seakrab biasanya. setidaknya aku tidak mengikuti langkah dia yang menjauh dariku. terus berusaha dan mencoba memperbaiki keadaan. dan tidak pernah meninggalkan dia di setiap keadaan. karena sahabat selalu ada untuk berbagi bukan ada disaat butuh doang.

    BalasHapus
  29. nama: Lenny AR.
    alamat email: lovelynn.melody@gmail.com
    akun twitter: @justlynn23
    link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/825377968197246976
    Jawaban: cara saya untuk membuat sahabat yang menjauhi saya kembali dekat: pertama saya tidak akan mendekati atau bicara dengannya dalam keadaan masih emosi, karena ini tidak akan menyelesaikan masalah tetapi malah menambah masalah. Jadi saya akan mendekati dan bicara dengannya pelan-pelan setelah semuanya terkendali dan tidak dalam keadaan emosi. Lalu saya akan bicara baik-baik untuk meluruskan kesalahpahaman diantara kami dan saya akan meminta maaf kepadanya terlebih dahulu. Kalaupun dia masih tidak mau berbaikan sama saya, saya akan coba terus, dan saya akan memberikan sesuatu benda kenangan kami berdua dulu, misalkan berupa foto atau video kebersamaan kami, saya akan terus berusaha untuk membujuk dia tetapi tanpa memaksanya untuk langsung memaafkan saya, saya akan memberikan waktu untuknya, dan bahkan saya rela melakukan apapun asalkan dia mau memaafkan saya dan kami kembali berbaikan.

    BalasHapus
  30. nama : Agus rohman
    emal : agusrohman1905@gmail.com
    twitter @agusadv_
    link share https://twitter.com/agusadv_/status/820212769462960128
    menurut saya sebelum anda mencoba mengembalikanseorang sahabat yg jauh dengan anda, anda harus tau dahulu apa yg jadi permasalahannya, anda harus tau apa yg sebenarnya salah dalam hubungan itu,,, anda perlu mengenal jati diri anda sendiri..
    karna apa ??? SESEORANG MENJAUH DARI JALAN HIDUPMU
    ADA 2 KEMUNGKINAN
    1. ORANG ITU YG BERMASALAH
    2. ATAU MUNGKIN ANDA YG SALAH ARAH.
    pahami perkataan saya
    terima kasih

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku